Hela Napas Panjang Bikin Kita Merasa Lebih Baik | Breaktime
Alasan Hela Napas Panjang Bikin Kita Merasa Lebih Baik
17.06.2016

Sering menghela napas panjang, B’timers? Entah itu untuk mengungkapkan perasaan lega atau karena ingin menyembunyikan kesedihan, kita semua sering menghela napas panjang, lho. Well, pernah bertanya tidak, apa sih, manfaat dari mendesah atau menghela napas panjang ini, B’timers? Psychology Today menyimpulkan bahwa menghela napas panjang itu bukan merupakan tanda dari suatu komunikasi. Namun ini adalah sebuah metode yang dapat membuat kita merasa lebih baik. Nah, mengapa menghela napas panjang mebuat kita merasa lebih baik, B’timers? Ini penjelasannya!

Mengungkap manfaat menghela napas panjang

Peneliti  menemukan apa yang menyebabkan kita menghela napas panjang, lho, B’timers. Ini tidak ada hubungannya dengan mitos yang menyatakan menghela napas adalah tanda putus asa. Rata-rata orang menghela napas setiap lima menit sekali. Dan Anda akan menghela napas sebanyak 12 kali dalam satu jam, B’timers.

Tubuh menghela napas utnuk mengembangkan alveoli, kantung kecil yang ada di paru-paru di mana oksigen masuk dan karbondioksida meninggalkan aliran darah. Jika kita tidak menghela napas panjang, akhirnya aveoli akan runtuh dan ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi paru-paru, lho. Hii, ternyata cukup mengerikan, ya?

Hela Napas Panjang Bikin Kita Merasa Lebih Baik | Breaktime
Ternyata beda menghela napas karena lega atau sedih, ya, B’timers

Hubungan menghela napas dengan perasaan baik

Lalu mengapa menghela napas panjang membuat kita merasa lebih baik, B’timers? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika seseorang bernapas terlalu lama tanpa mengambil napas dan menghela napas panjang, maka paru-paru tidak akan efisien dalam pertukaran gas. Dan itulah yang menyebabkan kita mendapatkan perasaan lega atau lebih baik.

Namun tetap ada perbedaan dengan orang yang menghela napas panjang karena senang dengan yang menghela napas panjang karena sedih, lho, B’timers. Jadi, setelah mengetahui alasan di balik mengapa menghela napas panjang membuat kita merasa lebih baik, Anda bisa memperhatikan apa yang terbaca ketika orang lain menghela napas panjang, B’timers. (NO) 

Share This Article