Ajari Anak untuk Rendah Hati, Mulai dari Diri Sendiri | Breaktime
Ajari Anak untuk Rendah Hati, Mulai dari Diri Sendiri
15.09.2015
“For the believer, humility is honesty about one's greatest flaws to a degree in which he is fearless about truly appearing less righteous than another.” Criss Jami, Venus In Arms

Akhir-akhir ini semakin banyak remaja yang memamerkan kekayaan di media sosial seperti Instagram. Tentu hal ini membuat kita merasa miris ya B’timers, karena di usia semuda itu mereka justru melakukan hal yang tidak semestinya. Nah, belajar dari hal tersebut, jangan sampai buah hati Anda juga melakukan hal yang sama. Yuk, didik anak-anak menjadi pribadi yang l rendah hati dengan cara berikut ini:

Berikan contoh

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah jadi role model untuk anak. Jangan menceritakan perbuatan baik yang telah Anda perbuat, biarkan anak mengetahui dengan sendirinya. Menjadi rendah hati adalah memahami dan menerima bahwa semua perbuatan baik yang Anda lakukan tidak harus menerima balasan. Jadilah contoh secara nyata dengan menjadi orang yang rendah hati untuk anak-anak Anda.

Jadilah role model untuk buah hati
Jadilah role model untuk buah hati

Bangun sifat rendah hati sejak dini

Ajarkan anak-anak untuk mengikuti berbagai kegiatan sosial dan amal sedari kecil. Bukan dalam artian menyuruh mereka terjun langsung membantu mereka yang dalam kesusahan dalam frekuensi sering. Namun, beri contoh dan ajak mereka berperan aktif sesekali waktu saja. Hal ini untuk memberikan pemahaman kepada buah hati menjadi rendah hati bukanlah hal yang menyusahkan.

Tonjolkan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari

Biasakan buah hati melihat hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mainkan sebuah pertunjukan kecil-kecilan menggunakan wayang atau boneka dengan cerita bertema kemanusiaaan dan menolong sesama. Setelah itu, ajak mereka untuk berpendapat dan menyampaikan kesan-kesannya terkait pertunjukan tersebut.

Lakukan komunikasi

Lakukan komunikasi yang intens dengan buah hati. Ajarkan dan ingatkan kepada mereka bahwa di luar sana masih banyak anak-anak yang hidup kesusahan. Ajarkan buah hati untuk menghargai segala perbedaan yang ada, dan ingatkan sekali lagi bahwa setiap orang membutuhkan respek dari yang lainnya.

Ajari untuk memberikan penghargaan terhadap orang lain
Ajari untuk memberikan penghargaan terhadap orang lain

Belajari cara merespon

Mengajari buah hati mengucapak ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ merupakan hal yang sangat sepele namun sangat penting. Dua kata ini akan menghindarkan si Kecil dari sifat sombong. Meskipun tindakan tersebut sangat sepele, ajarkan kepada buah hati dengan baik sehingga mereka akan melakukannya tanpa pengawasan Anda.

B’timers, ajarkan sikap rendah hati sejak dini. Jadi, saat besar nanti putra-putri Anda akan menjadi pribadi yang baik dan penuh empati.

Share This Article