Ajari Anak Mandiri Sejak Kecil dengan Tips ini! | Breaktime
Ajari Anak Mandiri Sejak Kecil dengan Tips ini!
11.09.2016

Hmm, ketika mendapati buah hati masih aktif bernyanyi di depan TV pada jam 9 malam, pastinya timbul rasa jengkel, ya, B’timers? Padahal mereka besok harus ke sekolah pukul 6.30. Well, memaksakan aturan pada mereka mungkin dirasa terlalu kejam. Tapi jika tidak diberi peringatan, mereka akan tumbuh tanpa kesadaran untuk hidup mandiri. Nah, berikut tips ajari anak mandiri sejak kecil yang perlu Anda ketahui, B’timers!

Ajari Anak Mandiri Sejak Kecil dengan Tips ini! | Breaktime
Dukung mereka dengan hobi yang disukai

Jangan takut untuk memberi tanggung jawab

Anda bisa meletakkan papan mungil di ruang keluarga. Isi papan tersebut dengan permintaan agar anak-anak mau membantu Anda. Jika buah hati masih terlalu kecil, setidaknya biarkan mereka mengambil apa yang diinginkan sendiri. Dengan pengawasan Anda sebagai orangtua tentunya, B’timers.

Cobalah untuk mengidentivikasi peluang

Buatlah daftar hal-hal yang bisa dia lakukan sendirian. Mulai dari menyikat gigi, membersihkan ruangan bermain hingga menyiapkan pakaian untuk besok. Jangan lupa tanyakan juga pada si kecil, apakah dirasa tugas tersebut cukup, atau ada kemungkinan bisa Anda tambahkan beberapa tugas kecil.

Ajari Anak Mandiri Sejak Kecil dengan Tips ini! | Breaktime
Biarkan mereka makan sendiri, meski berantakan

Tulis aturan tenggat waktu untuk tugasnya

Jika Anda membutuhkan waktu 10 menit untuk menyisir rambutnya, maka mulailah tugas itu tepat 10 menit sebelumnya, B’timers. Dan seandainya dia terlalu sulit untuk bekerja sama, berikan aturan waktu yang bisa ditolerir. Tak berhasil? Beri hukuman dengan membiarkan dia menyisir sendiri.

Lupakan tentang hasil sempurna dari mereka

Well, semua anak-anak pastinya sedikit sulit untuk mengajarkan sesuatu jika mereka tidak dalam mood yang baik, B’timers. Jadi, sebaiknya lupakan hasil yang sempurna dari mereka. Biarkan mereka menuang susu ke mangkuk sereal. Dan jika tumpah, tunjukkan bagaimana cara membersihkannya.

Berikan pujian atau hadiah jika menurut

Mungkin mereka sudah berusaha sebaik mungkin. Tapi Anda melihat si kecil memakai sepatu atau kaos kaki yang berlainan. Daripada memberitahu kesalahan, kenapa tak Anda beri pujian padanya, B’timers? Atau berikan hadiah kecil, dengan membacakan cerita jika anak Anda menyelesaikan tugas.

Tidak sulit, kok, mengajarkan anak untuk lebih mandiri sejak kecil. Asalkan Anda melakukannya dengan penuh kesabaran dan jangan menggunakan emosi, B’timers. (NO)

Share This Article