Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok | Breaktime
Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok
10.04.2017

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, manajemen uang menjadi sesuatu yang penting, B’timers. Untuk anak-anak, hal tersebut pun tidak kalah pentingnya, lho. Bedanya bagi kita yang telah melalui berbagai masalah dalam kehidupan, tentunya mengatur keuangan adalah hal yang cukup mudah. Well, meskipun banyak di antara kita yang masih mengalami kesulitan untuk mengatur keuangan dan pengeluarannya.

Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok | Breaktime
Mulai ajarkan begitu mereka memahami nilai uang, ya?

Nah, sebagai orangtua, kita pasti ingin selalu memberikan segala hal yang diinginkan oleh buah hati, kan, B’timers? Namun sebaiknya Anda hentikan kebiasaan tersebut sejak sekarang, jika tidak ingin anak Anda tumbuh dengan ketidakpekaan terhadap keuangan mereka pribadi. Dan seperti mengatur keuangan diri kita sendiri, mengajarkan manajemen uang pada anak bukanlah hal yang mudah dan sederhana, lho!

Baca juga: AWAS, INI TANDA-TANDA STRES YANG SERING TERLEWAT

Kuatkan diri Anda untuk menolak permintaan anak Anda dengan tegas, B’timers. Biarkan buah hati Anda mulai belajar, jika tidak selamanya mereka selalu mendapatkan apapun yang mereka inginkan. Tak perlu menunggu hingga mereka menginjak usia tertentu untuk mengajarkan tentang arti pentingnya menjaga uang. Mulailah sejak sedini mungkin. Jika memungkinkan, mulailah sejak mereka mengerti nilai uang.

Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok | Breaktime
Biarkan mereka menghitung uang milik mereka sendiri, B’timers

Anak-anak memang tidak memiiki sumber penghasilan bulanan, kecuali remaja yang memiliki pekerjaan paruh waktu. Namun dengan uang saku yang kita berikan pada mereka, Anda dapat mulai mengajarkan pada mereka bahwa untuk mendapatkan uang, mereka harus mau melakukan sesuatu. Yang perlu Anda tekankan kepada anak-anak adalah, jangan jadikan uang sebagai alasan untuk membantu orang lain. So, selain belajar tentang uang, mereka juga belajar tentang pentingnya rasa kemanusiaan.

Baca juga: DENGAR MUSIK SEDIH BISA BIKIN BAHAGIA, BENARKAH?

Jangan libatkan diri Anda di saat mereka ingin menggunakan uang milik mereka sendiri untuk membeli barang yang diinginkan, B’timers. Tunjukkan rekening Anda di bank dan ajari mereka bahwa bank hanya tempat untuk menyimpan uang, dan bukan pabrik uang yang selalu memberikan uang kapan saja kita inginkan. Dengan tips ini, buah hati akan memahami tentang arti pentingnya uang yang mereka punya.

Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok | Breaktime
Berikan celengan lucu untuk memotivasi anak menabung

Dan sama seperti orang dewasa yang selalu ingin membeli apapun begitu mereka mendapatkan gaji di awal bulan, lho, B’timers. Anak kecil memiliki impiannya sendiri. Mereka juga tentunya ingin membeli mainan baru atau barang kebutuhan sekolah. Nah, trik dalam mengajari mereka mengenai manajemen uang adalah dengan memberikan batasan berapa besar uang yang dapat mereka habiskan dalam waktu tertentu. Biarkan mereka belajar tentang perencanaan sebelum membeli suatu barang.

Baca juga: SERING MENANGIS BIKIN KITA LEBIH KUAT, BENARKAH?

Mendapatkan uang bukan berarti mereka bebas menghabiskannya untuk membeli apapun yang mereka inginkan. Pelajaran penting yang harus Anda tunjukkan pada buah hati adalah tentang arti penting kita menyisihkan sedikit uang dan memasukkannya ke dalam celengan. Berikan pengertian pada mereka, jika setiap orang wajib untuk menabung. Tak masalah seberapa besar, namun biasakan mereka menabung.

Ajari Anak Cara Manajemen Uang, Tidak Sulit, Kok | Breaktime
Anak-anak bebas untuk menggunakan uang milik mereka sendiri

Selain itu, tidak kalah pentingnya di dalam mengajarkan mengenai manajemen uang kepada anak-anak, adalah dengan menunjukkan pada mereka tentang perlunya kita memiliki daftar keinginan. Nah, Anda bisa mengajak mereka untuk menuliskan daftar yang menjadi prioritas dari mereka apabila uang sudah terkumpul. Dan jangan lupa untuk selalu mengajak mereka berdiskusi. Hal ini demi membantu mereka di dalam menentukan apa saja yang paling penting dan yang tidak terlalu penting.

Tips terbaik yang dapat Anda lakukan demi untuk mengajarkan manajemen uang pada anak-anak adalah dengan menunjukkan seperti apa trik penjualan di dunia. Hal ini akan membuat mereka mengerti untuk tidak selalu tergoda membeli semua barang yang diiklankan di televisi, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE