Ajari Anak-Anak Sedini Mungkin Tentang Arti Uang | Breaktime
Ajari Anak-Anak Sedini Mungkin Tentang Arti Uang
22.12.2015

Zaman memang sudah sangat berbeda. Kini, banyak generasi muda yang tak bisa menghargai uang. Dan karena gaya hidup yang mereka lihat di luar lingkungan keluarga, akibatnya sikap terlalu menuntut dan tak peduli pun timbul.

Anda tentu tidak ingin kan, anak-anak tumbuh dengan sisi negatif yang akan merugikan mereka di kemudian hari? Sebelum terlambat, berikan pengertian pada anak dengan cara yang tepat seperti berikut ini:

Mulailah segera

Sedini mungkin kenalkan pada mereka tentang uang, seperti yang diungkapkan seorang penasihat keuangan, Dr Elisabeth Kilbey. Karena berdasarkan penelitian, kebiasaan orang dewasa mengatur keuangan telah muncul sejak mereka berumur 7 tahun. Dan kebanyakan orang tua menurunkan sifatnya pada anak-anak mereka.

Mulailah sesegera mungkin, begitu mereka bisa menghitung. Selain itu buatlah agar uang menjadi topik yang biasa dibicarakan di rumah. Ketika mereka mendapatkan hadiah berupa cash money, Anda dapat menceritakan perbedaan saving dan spending

Ajari Anak-Anak Sedini Mungkin Tentang Arti Uang | Breaktime
Celengan lucu bisa membuat anak-anak semangat menabung

Keinginan versus kebutuhan

Saat membicarakan uang dan tabungan, kita akan dihadapkan pula dengan membelanjakan uang. Di sini yang harus ditanamkan pada buah hati Anda, adalah mereka harus mampu membedakan what they want dan what they need.

Ketika mereka meminta mainan baru seharga lebih dari jatah uang jajan bulanan, beri mereka penjelasan bahwa orang tua saja membutuhkan waktu untuk mendapatkan uang sebanyak itu. Jadi, jika mereka tetap ingin membelinya, mereka harus berusaha mengumpulkan uang terlebih dahulu. Atau, ketika mereka mendapat uang untuk membeli buku sekolah, tapi memaksa membelanjakannya untuk mainan, jelaskan mana yang harus diutamakan.

Izinkan mereka berbuat kesalahan

Jangan larang ketika mereka ingin membelanjakan uang hasil tabungannya selama setahun. Biarkan mereka memilih barang apa yang akan mereka beli dengan uang tersebut. Dan ketika mereka menyesal karena sudah membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mereka inginkan, beri mereka penjelasan tentang pentingnya konsekuensi. Dengan demikian mereka juga belajar bagaimana bertanggung jawab atas keputusan yang mereka buat.

Tapi sebagai orang tua, Anda juga tetap harus memberi contoh pada putra-putri tersayang. Untuk memberi semangat mereka menabung, Anda bisa menghadiahkan celengan-celengan lucu. Jangan lupa untuk menceritakan apa saja keuntungannya jika mereka mau menyisihkan uang jajan saat ini.

Share This Article