Ajak Buah Hati Lebih Bersyukur dan Bahagia | Breaktime
Ajak Buah Hati Lebih Bersyukur dan Bahagia, Ini Caranya
10.01.2016

Siapa yang tidak ingin merasakan bahagia? Dan sebagai orangtua, kita semua pasti ingin anak-anak juga bahagia seumur hidupnya. Dengan memberikan apapun yang mereka inginkan, mulai dari pengetahuan, cinta, dan kegembiraan.

Dalam animasi garapan Pixar akhir tahun 2015 kemarin Inside Out, mungkin kita telah melihat bahwa mudah bagi anak-anak untuk bahagia sekaligus bersedih. Ya, beberapa alasan sederhana mampu membuat mereka tersenyum, demikian juga dengan hal-hal yang kita anggap kecil juga dapat melukai perasaan mereka.

Get happy yourself

Orangtua yang bahagia cenderung akan memiliki anak-anak yang bahagia pula. Khususnya para ibu, lebih sering mengorbankan kepentingan sendiri demi anak-anak. But, guess what? Seorang ibu yang percaya diri, santai dan bahagia akan menjadi contoh bagi putra putrinya. Hal ini memang tidak akan mudah.

And how to be a happier you? Luangkan waktu setiap minggu untuk ‘me time’. Atau have fun bersama teman-teman sejenak, ketika putra putri sedang berada di sekolah, untuk mengurangi beban di pikiran. Yang terpenting luangkan waktu sedikit untuk melakukan apa yang Anda sukai.

Beri batasan

Kebanyakan anak akan membenci waktu tidur, membersihkan kamar atau dilarang melakukan sesuatu. Tapi sebenarnya mereka membutuhkan adanya batasan di dalam keluarga. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan serta perasaan diperhatikan dan dicintai.

Anak-anak yang tumbuh dengan peraturan dari orangtua, akan tumbuh tanpa rasa takut dan cemas untuk menjelajahi dunia. Yang perlu diperhatikan, tetap jaga konsistensi jadwal yang Anda buat, ya, B’timers?

Ajak Buah Hati Lebih Bersyukur dan Bahagia | Breaktime
Damping anak-anak agar mereka merasakan cinta dari Anda

Ajari cara bersyukur

Bersyukur akan menumbuhkan kebahagiaan. Kita perlu menunjukkan pada anak-anak betapa pentingnya mensyukuri dan berterima kasih atas apa yang mereka dapatkan setiap harinya. Hal itu juga dapat melatih mereka mengurangi bad mood, lho, B’timers.

Anda bisa membantu akan-anak untuk membuat kartu ucapan terima kasih dengan gambar lucu yang bisa mereka berikan kepada siapapun yang telah berbuat baik. Sesekali Anda pun bisa mengajak mereka ke panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan. Lakukan rutin setiap tahun, agar mereka mulai melihat kehidupan dari sudut pandang yang lain.

Pentingnya sentuhan fisik

Di usia berapapun, anak-anak, bahkan remaja sangat membutuhkan sentuhan fisik yang menunjukkan perhatian. Sentuhan dari orangtua, terutama pelukan, merupakan salah satu yang paling mereka inginkan.

Jangan pernah meremehkan kekuatan di balik setiap pelukan atau beberapa menit quality time bersama buah hati. Anda akan melihat, bahwa ketika mendapatkan sentuhan dari orangtua, mereka akan lebih menghargai orangtuanya.

Intinya adalah Anda harus menjadi orang yang bahagia terlebih dahulu, sebelum berharap dapat membahagiakan buah hati. Dan ternyata, anak-anak tidak membutuhkan hal yang ribet untuk bahagia, kok, B’timers. (NO)

Share This Article