Alasan Kenapa Menangis dapat Menyehatkan Tubuh Anda | Breaktime
Air Mata, Anti Bakteri Alami yang Ampuh Cegah Flu
01.07.2015
“We need never be ashamed of our tears.”


― Charles Dickens, Great Expectations

Tidak hanya tertawa saja lho, yang bisa menyehatkan tubuh, ternyata menangis juga! Entah itu tangis karena  kesedihan, kebahagiaan mendalam, atau bahkan menangis gara-gara mengupas bawang merah. Coba simak alasan mengapa menangis itu menyehatkan:

Membunuh bakteri

Air mata ternyata merupakan anti bakteri alami yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Tidak hanya bakteri di mata saja yang bisa ditumpas, bakteri penyebab flu dan juga sakit perut juga bisa dibasmi oleh air mata. Ini karena di dalam air mata mengandung lisozim, cairan anti bakteri yang dapat membunuh 90-95 % bakteri jahat dalam waktu 10 menit saja.

Membuat penglihatan lebih jernih

Salah satu kegunaan menangis  adalah untuk melumasi dan mencegah mata agar tidak kering. Dengan adanya air mata sebagai pelumas, mata akan memiliki fokus yang lebih tajam. Bayangkan saja jika tidak ada air mata, indra penglihatan Anda akan terasa perih dan sakit, yang jika terus dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan.

Mengurangi stres

Mengeluarkan air mata dapat melepaskan hormon stress
Mengeluarkan air mata dapat melepaskan hormon stress

Ternyata, tangisan juga dapat melepaskan adrenocorticotropic yang merupakan hormon penyebab stres. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh melalui air mata. Jadi selain bisa mengungkapkan rasa sakit hati lewat tangisan, Anda juga sekaligus bisa membasmi hormone penyebab stres.

Meningkatkan mood

Dalam sebuah studi yang diunggah di Journal of Social and Clinical Psychology, menangis ternyata bisa membuat mood menjadi lebih baik. Kandungan mangan yang ada dalam tubuh memang dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme. Namun jika jumlahnya berlebihan, mangan justru bisa menyebabkan kegelisahaan dan gangguan emosi. Nah, tangisan ternyata bisa mengurangi kandungan mangan di dalam tubuh yang membuat suasana hati jadi lebih baik.

Meredakan sakit

Ketika menangis, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menghilangkan rasa nyeri. Itulah mengapa setelah Anda menangis karena terjatuh atau tersayat benda tajam, maka rasa nyeri akan perlahan berkurang.

Tak kalah dengan tertawa, menangis ternyata juga memberikan banyak manfaat, ya! So, don’t be shy to cry, B’timers!

Share This Article