Tips Agar Produktif, Tata Home Office Anda! | Breaktime
Agar Produktif, Tata Home Office dengan Tips Ini
02.03.2016

Anda termasuk orang yang lebih memilih bekerja di rumah karena beberapa alasan tertentu, B’timers? Well, meskipun bekerja di rumah, tidak berarti Anda bisa mengabaikan produktivitas, lho. Dan produktivitas berkembang dalam sebuah lingkungan di mana pikiran kreatif maksimal, minimal gangguan, dan atmosfer yang menyegarkan.

Menurut sebuah studi dari University of Exeter, menentukan sendiri desain tentang ruang kerja Anda, selain dapat meningkatkan produktivitas, juga dapat meningkatkan kesehatan serta kebahagiaan. Nah, Anda yang bekerja di rumah dapat mengintip beberapa tips dari Breaktime untuk mengubah home office agar menjadi lebih produktif, lho, B’timers!

  • Ciptakan gaya Anda sendiri

Sebelum menyewa seorang desainer interior, coba pikirkan tentang gaya pribadi Anda, B’timers. Dekorasi perkotaan, art deco, gaya modern, atau shabby chic bisa Anda pilih. Selain itu, beberapa barang pribadi di ruang kerja bisa menginspirasi dalam menentukan gaya Anda. Dengan sentuhan individu Anda akan merasa lebih nyaman saat bekerja. Dan tentu akan meningkatkan produktivitas.

Tips Agar Produktif, Tata Home Office Anda! | Breaktime
Suasana kerja yang nyaman akan meningkatkan kreativitas
  • Terapkan fungsi Feng-shui

Menurut seorang praktisi Feng-shui, penting untuk menempatkan meja dalam “commanding position”. Disarankan untuk tidak membelakangi pintu dan jangan letakkan meja kerja Anda di dekat pintu. Posisi terbaik adalah diagonal ke pintu masuk ruangan, dengan Anda menghadap ke arah pintu. Pastikan di belakang Anda adalah dinding daripada harus membelakangi jendela.

  • Pilih warna hijau

Memilih warna cat yang tepat untuk home office Anda dapat merangsang kreativitas dan produktivitas. Hijau dikaitkan dengan pertumbuhan dan ketegasan. Selain itu hijau juga menumbuhkan perasaan tenang. Jika mengecat seluruh ruangan dengan warna hijau belum memuaskan, Anda bisa menambahkan tanaman dan aksesoris lainnya, kok, B’timers.

Tips Agar Produktif, Tata Home Office Anda! | Breaktime
Beri sentuhan alam di ruang kerja Anda
  • Jauhkan home office dari kekacauan

Akan selalu ada banyak barang yang ingin Anda simpan dalam ruang kerja, meskipun tidak selalu Anda butuhkan setiap hari. Kelompokkan item tersebut dalam lemari arsip, keranjang hias, atau kotak khusus untuk menyimpan barang kecil. Dengan menjaga kebersihan ruang kerja, Anda pun akan lebih mampu untuk berpikir jernih, B’timers.

  • Tingkatkan kualitas udara

Mereka yang bekerja di lingkungan hijau dengan kualitas udara yang baik memiliki fungsi kognitif yang lebih baik. Anda bisa menambahkan tanaman indoor untuk meningkatkan kualitas udara. Selain itu Anda bisa menjaga udara tetap bersih dengan membiarkan jendela terbuka dan menggunakan kipas di langit-langit ruangan.

Tips Agar Produktif, Tata Home Office Anda! | Breaktime
Biarkan jendela terbuka untuk memberikan sirkulasi udara

Bagaimana, B’timers? Meskipun bekerja di rumah tidak berarti produktivitas Anda harus di bawah mereka yang bekerja di kantor, bukan? Dan usahakan ruangan kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup, ya, B’timers? (NO)

Share This Article