Agar Kamar Nyaman dan Tidur Nyenyak, Ini Triknya | Breaktime
Agar Kamar Nyaman dan Tidur Nyenyak, Ini Triknya
30.03.2016

Anda sudah ke dokter, minum obat tidur, melakukan relaksasi dan meditasi namun masih susah tidur? Mungkin ada kesalahan lain yang tak Anda sadari. Coba periksa kondisi kamar Anda, B’timers! Ya, ternyata kondisi kamar yang berantakan juga berpengaruh pada kenyamanan pikiran, bukan hanya fisik. Jadi, mengatur agar kamar nyaman sangatlah penting.

Sebab, sekeras apapun Anda berusaha tidur, jika Anda tak nyaman dengan kamar Anda tentu saja akan sangat susah untuk tidur dengan nyenyak. Yuk, lebih peduli pada kamar agar bisa tidur dengan nyaman! Breaktime bagikan trik rahasianya, nih.

Atur suhu

James Maas, Ph.D, seorang konsultan dan CEO Sleep for Success, mengungkapkan bahwa suasana tenang, gelap dan hening selalu menjadi aturan terbaik untuk menjadikan tidur yang berkualitas. Untuk mendapatkan hal tersebut, atur suhu kamar Anda ke derajat yang lebih rendah. Kenapa? Suhu dingin bisa membuat tidur Anda lebih lama dan nyenyak.

Bersihkan lantai

Pakaian berantakan, dokumen kerja berserakan di seluruh lantai, buku-buku menumpuk di kursi  tentu saja membuat kamar Anda tampak tidak nyaman. Bersihkan semuanya dari kamar Anda! Jangan lupa untuk menyapu seluruh lantai agar bebas dari debu. Intinya, jangan biarkan kamar Anda jadi mirip kapal pecah.

Agar Kamar Nyaman dan Tidur Nyenyak, Ini Triknya | Breaktime
jangan buat pikiran makin kusut dengan kamar berantakan

No gadget

Maas menjelaskan bahwa salah satu penyebab kamar jadi tidak nyaman untuk ditiduri adalah seringnya perangkat elektronik menyala 24 jam. Perangkat elektronik mengeluarkan banyak cahaya spektrum biru yang menghambat aliran hormon melatonin penyebab kantuk hingga keinginan tidur jadi tertunda. Karena itu, agar kamar nyaman, segera matikan alat elektronik Anda sebelum beranjak ke tempat tidur, ya!

Agar Kamar Nyaman dan Tidur Nyenyak, Ini Triknya | Breaktime
Jangan biasakan menyalakan alat elektronik saat tidur

Matikan lampu

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, tidur dalam keadaan gelap dapat membantu produksi hormon melatonin lebih banyak dan cepat. Artinya, begitu Anda mematikan lampu, kemungkinan datangnya kantuk akan semakin cepat juga.

Pilih warna dinding yang lembut

Menurut Maas, warna dinding yang cerah, misalnya merah, dapat sangat mengkhawatirkan. Meski apik dilihat dari sisi desain, namun itu sangat tidak baik untuk tidur di malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa dinding berwarna biru lembut membantu Anda mendapatkan tidur terbaik, sementara nuansa lainnya seperti hijau lembut dan kuning lembut bisa untuk menenangkan juga.

Agar Kamar Nyaman dan Tidur Nyenyak, Ini Triknya | Breaktime
Terlihat sangat nyaman, bukan?

Jadi, setelah membaca informasi di atas, segera terapkan dan lakukan perubahan agar kamar nyaman, ya! Dengan demikian, kamar tidur Anda bisa disulap menjadi tempat terbaik untuk tidur, bukan? (nap)

Share This Article