7 Tanda Bipolar dan Ketahui Cara Mengenalinya | Breaktime
7 Tanda Bipolar dan Ketahui Cara Mengenalinya
30.04.2016

B’timers tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Bipolar Disorder, kan? Gangguan bipolar dikenal sebagai jenis kelainan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem seperti tiba-tiba sangat sedih dan tiba-tiba sangat bahagia. Saking besarnya mood swing yang dialami, seseorang penderita bipolar jadi tampak memiliki kepribadian ganda. Namun, tanda bipolar bukan itu saja, B’timers. Kenali 7 tandanya berikut ini.

1 Merasa sedih atau putus asa dalam jangka waktu yang lama

Seperti perubahan mood yang sangat cepat, penderita bipolar juga bisa menunjukkan rasa sedih dan putus asa yang berkepanjangan. Parahnya, ia merasa bahwa dirinya adalah orang paling menderita sedunia.

2 Menutup diri

Menjadi tertutup dan kehilangan minat terhadap hal yang sebelumnya menarik hati adalah petunjuk gejala bipolar. Bukan hanya menarik diri dari orang lain, bahkan dengan keluarga dan teman dekat penderita bipolar merasakan kecanggungan.

7 Tanda Bipolar dan Ketahui Cara Mengenalinya | Breaktime
Menarik diri dari orang terdekat

3 Nafsu makan naik dan turun tidak tentu

Perubahan nafsu makan yang tidak menentu juga perlu diperhatikan. Jika dalam jangka waktu tertentu nafsu makan meningkat lalu menurun dengan drastis, maka Anda perlu waspada.

4 Mudah lelah dan selalu kehilangan energi

Tak hanya secara mental, tanda penderita bipolar juga bisa mengganggu fisik. Umumnya, gejala yang ditunjukkan adalah seringnya merasa lelah dan tidak punya energi melakukan kegiatan ringan sekalipun.

5 Bicara jadi lelet

Gejala bipolar membuat orang yang pandai bicara tiba-tiba jadi gagap dan sulit mengeluarkan kata-kata. Akibatnya percakapan jadi lelet dan tak tak mudah diterima.

6 Susah mengingat, konsentrasi dan mengambil keputusan

Penderita bipolar sangat lemah dalam memori, berkonsentrasi dan mengambil keputusan. Waspadai juga jika Anda mengalami hal ini.

7 Terobsesi dengan kematian

Gejala terparah penderita bipolar adalah obsesinya terhadap kematian. Mereka jadi terus-terusan berpikir tentang mati dan bunuh diri.

7 Tanda Bipolar dan Ketahui Cara Mengenalinya | Breaktime
Buku harian bisa menunjukkan bipolar juga

Namun selain mendeteksi bipolar dengan 7 tanda di atas, untuk mengetahui apakah Anda positif menderita bipolar juga harus melalui pemeriksaan atau diagnosa dokter. Anda tidak bisa menganggap diri Anda mengidap gangguan bipolar hanya jika Anda mengalami beberapa tanda dari 7 tanda tersebut. pememeriksaan seperti apa sih, yang harus dilakukan?

Pemeriksaan fisik bisa dilakukan untuk menyingkirkan kondisi medis lain yang dapat menyebabkan gejala bipolar, seperti penyakit tiroid. Selain itu evaluasi kesehatan mental juga perlu dilakukan yang mencakup kuesioner dan wawancara dengan anggota keluarga. Dokter juga akan membuat mood charting melalui buku harian yang Anda tulis untuk melacak pola tidur Anda dan suasana hati sehari-hari. Selanjutnya, menggunakan Diagnostik dan Statistik Manual dari Gangguan Mental (DSM-5) untuk membandingkan gejala Anda dengan kriteria resmi untuk gangguan bipolar.

Hmm, semoga Anda dan kita semua tetap sehat ya, B’timers! (nap)

Share This Article