7 Tanda Punya Kecerdasan Emosional yang Baik | Breaktime
7 Tanda Anda Punya Kecerdasan Emosional yang Baik
12.12.2015

Selama ini, banyak yang masih tak bisa membedakan antara IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient). Jika IQ lebih menilai kemampuan seseorang dalam melogika sesuatu, EQ justru menyoroti kemampuan untuk mengatur emosi.

Normalnya, tingkat EQ seseorang memang hanya bisa diketahui melalui tes tertentu. Tapi ada lho, beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa Anda memiliki EQ tinggi, antara lain:

Memiliki self-awareness

Saat seseorang bisa mengenali diri sendiri dengan baik dan tahu kapan rasa marah akan muncul, itu tandanya tingkat EQ cukup tinggi. Self awareness di sini juga berarti Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika emosi melanda.

Memiliki self control

Selain bisa mengenali diri sendiri dan tahu kapan rasa marah muncul, kontrol diri yang baik juga pertanda dari tingginya EQ. Mampu untuk bereaksi dengan wajar sesuai situasi dan kondisi meski dalam keadaan emosi merupakan hal yang terpenting.

Menunjukkan rasa empati

Berempati terhadap kondisi orang lain terdengar mudah dilakukan, namun sulit untuk diterapkan. Seseorang yang memiliki rasa empati akan selalu bisa menempatkan diri dalam posisi orang lain dan memahami keadaan yang tak dialami secara langsung. Hal ini akan membantu Anda membangun kedekatan emosi dengan orang-orang sekitar.

7 Tanda Punya Kecerdasan Emosional yang Baik | Breaktime
Rasa empati adalah salah satu penanda tingginya tingkat EQ

Mudah beradaptasi

Kemampuan untuk menerima perubahan dan beradaptasi terhadapnya juga merupakan salah satu pertanda baiknya EQ seseorang. Seseorang dengan EQ tinggi tak akan kesulitan menerima perubahan. Sebaliknya, mereka akan menganggapnya sebagai sebuah tantangan dan merasa tertantang untuk menaklukannya.

Tak terjerat masa lalu

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi tak akan membiarkan dirinya terpuruk dalam masa lalu. Masa lalu dianggap sebagai pembelajaran supaya tak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Bisa mengontrol pikiran

Anda membiarkan pikiran negatif menyerang dan membuat down? Hati-hati, sebab hal ini menandakan bahwa tingkat EQ tak cukup baik. Seseorang dengan EQ tinggi memiliki kemampuan untuk mengontrol pikirannya sendiri tanpa harus menimbulkan rasa stres atau minder.

Tetap fokus meski banyak gangguan

Seberapa besar media sosial mengganggu Anda? Kalau pekerjaan kerap tak selesai gara-gara Anda selalu tergoda membuka Facebook atau Instagram, artinya kecerdasan emosional Anda tak cukup baik. Bisa fokus pada satu tujuan dan tak mudah teralihkan merupakan salah satu pertanda kadar EQ yang tinggi.

Bagaimana B’timers, sudah bisa memperkirakan tingkat EQ Anda?

Share This Article