Strategi Terbaik Menghadapi Kritikan Orang Lain | Breaktime
7 Strategi Terbaik Menghadapi Kritikan Orang Lain
07.08.2016

B’timers pasti pernah mendapat kritikan dari orang-orang terdekat atau bahkan dari orang yang tidak dikenal. Pastinya kita akan merasa tidak senang ketika ada orang lain yang memberikan komentar atau kritik. Namun beberapa orang ada yang menjadikan kritikan sebagai alat pemacu diri mencapai kesuksesan. Menerima kritikan memang cukup sulit, B’timers. Tak perlu khawatir, berikut 7 tips dalam menghadapi kritikan dari orang lain.

Ubah cara pandang

Beberapa kritikan sebenarnya dapat membantu Anda berubah menjadi seseorang yang lebih baik. Tergantung bagaimana cara pandang seseorang dalam menghadapi kritikan. Kebanyakan orang meraih kesuksesannya karena mereka menganggap sebuah kritikan adalah alat agar mereka dapat menjadi seseorang yang sukses.

Baca juga : ATASI SERANGAN PANIK DENGAN TIPS-TIPS INI

Menanggapi saran, bukan nada seseorang saat member kritikan

Dalam mengungkapkan pendapatnya, setiap orang memiliki nada dan gaya penyampaian yang berbeda. Jadi, jika Anda mendapat kritikan pedas, tak perlu diambil pusing. Biarkan saja. Cobalah untuk memikirkan hal-hal positif dari kritikan yang Anda dapatkan.

Pahami nilai sebuah kritik

Anda pasti sangat senang ketika mendapat pujian, kan? Sebaliknya, ketika mendapat kritikan, itu akan membuat Anda kepikiran. Tapi tahukah B’timers bahwa nilai sebuah kritikan sangat besar. Sebuah kritikan memberi manfaat yang membangun dan meningkatkan pencapaian dalam hidup Anda.

Strategi Terbaik Menghadapi Kritikan Orang Lain | Breaktime
Cara Menghadapi Kritikan

Jangan mudah tersinggung

Ketika mendapat sebuah kritikan, Anda harus merasa bahwa orang lain bukanlah mengkritik diri Anda yang sebenarnya. Dengan melihat mereka mengkritik sebagian aspek yang menjadi kekurangan dalam diri kita, perasaan yang ditimbulkan pun akan lebih positif.

Abaikan kritikan yang salah

Tidak semua kritikan membangun. Anda hanya harus pintar dalam menyaringnya. Kritikan yang salah akan menilai diri Anda dan ingin menjatuhkan Anda. Oleh karena itu, abaikan saja kritikan-kritikan negatif semacam itu.

Jangan langsung menanggapi

Jika mendapat kritikan dari orang lain, jangan langsung menyela atau memberikan jawaban. Biarkan orang tersebut mengeluarkan segala yang ia rasakan. Karena biasanya ketika mendapat kritikan, tingkat emosi kita pasti meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya biarkan diri Anda tenang terlebih dahulu.

Tersenyum

Ini merupakan cara paling ampuh untuk menghadapi sebuah kritikan. Dengan memberikan senyuman, meskipun hanya senyuman palsu, akan membuat diri Anda lebih rileks dan dapat berpikir positif tentang kritik yang diberikan oleh orang lain.

Jadi, B’timers mulai sekarang Anda tidak perlu emosi dalam menghadapi kritikan. Mungkin dengan kritikan itu akan membuat Anda menjadi orang sukses di masa depan. (vpd)

Share This Article