6 Tanda Umum Untuk Mengenali Seorang Pedofil | Breaktime
6 Tanda Umum Untuk Mengenali Seorang Pedofil
29.10.2015

Adanya kekerasan seksual pada anak membuat Presiden Jokowi mengambil langkah untuk mengebiri pelakunya. Beberapa orang menilai langkah ini menjadi solusi untuk menyelamatkan anak-anak dari tindak pelecehan seksual yang bisa bikin trauma seumur hidup.

Secara umum, pelaku pedofil memang sulit untuk dikenali. Namun, ada beberapa tanda-tanda yang bisa B’timers gunakan untuk mengamati apakah seseorang tersebut pedofil atau tidak:

Memperlakukan anak-anak seperti orang dewasa

Umumnya, pelau pedofil kerap bersikap tak semestinya pada anak-anak karena mereka memperlakukannya seperti orang dewasa. Cara mereka mengajak bicara atau menyentuh anak seolah-olah mirip dengan bagaimana mereka melakukan hal yang sama pada orang dewasa dan kekasihnya sendiri.

Bersikap kanak-kanak

Beberapa orang memang ada yang memiliki karakter childish dan ini tak sepenuhnya menjadi masalah. Namun, akan menjadi masalah ketika orang tersebut justru berpikir bahwa dirinya adalah anak-anak di saat usianya sudah sangat dewasa.

Bersikap manis berlebihan

Bila Anda menitipkan anak pada baby sitter, guru di sekolah, ataupun sopir pribadi, amatilah sikap mereka pada buah hati. Adakah Anda merasa bahwa sikap mereka pada anak Anda terkesan berlebihan? Terlebih bila mereka kerap memberikan banyak barang menarik bagi si Kecil tanpa diminta.

6 Tanda Umum Untuk Mengenali Seorang Pedofil | Breaktime
Pedofil bikin anak ceria jadi pendiam

Membuat anak jadi pendiam

Selain itu, coba amati apakah ketika berada di dekat seseorang anak Anda menjadi sosok pendiam dan misterius? Sebab, pelaku pedofil kerap mengajarkan anak untuk saling menyimpan rahasia dan tak boleh membocorkannya. Mereka melakukan hal ini seolah sebagai game yang membuat anak harus patuh hingga akhir.

Ingin berdekatan dengan anak lebih lama

Sebagai orang tua, Anda pasti bangga bila banyak orang yang menyayangi buah hati, bukan? Wajar saja bila ada orang yang ingin berdekatan dengan anak lebih lama. Tapi, berhati-hatilah bila orang tersebut kerap meminta dirinya untuk menemani buah hati tanpa diminta, meski Anda tidak dalam keadaan sibuk untuk menjaganya sendiri.

Memiliki mood yang berubah-ubah

Seorang pedofil biasanya memiliki masalah dengan mental dan kepribadiannya. Oleh karena itu, mood mereka pun akan jadi sering berubah-ubah. Uniknya, sikap seperti ini tak tampak bila mereka sedang berdekatan dengan anak kecil, terlebih ketika berduaan dengan mereka.

Nah, itulah gejala-gejala seorang pedofil yang perlu B’timers waspadai. Amati dengan seksama orang-orang yang berada di sekitar Anda dan buah hati. Pastikan buah hati Anda berada dalam pengasuhan orang-orang yang tepat dan perhatian lebih pada anak agar mereka juga terbuka bila ada orang yang bersikap “aneh” pada mereka.

Share This Article