Kebiasaan Kecil & Simple untuk Pernikahan Sehat | Breaktime
6 Kebiasaan Kecil dan Simple untuk Pernikahan Sehat
09.05.2016

Mungkin tidak bagi semua orang, namun menikah adalah hal yang bisa membawa Anda menuju kebahagiaan. Setuju? Well, selain menambah kebahagiaan, ternyata menikah juga bisa menyehatkan pikiran, lho. Apalagi jika mengisi kehidupan pernikahan dengan hal-hal yang positif. Bicara hal positif dalam pernikahan, berikut adalah 6 kebiasaan sederhana yang bisa B’timers lakukan untuk membuat kehidupan rumah tangga lebih sehat dan bahagia.

Beri sapaan penuh sayang pada pasangan di pagi hari

Apa yang Anda lakukan ketika membuka mata dan melihat pasangan di samping Anda setiap pagi? Jangan bersikap netral dengan langsung beranjak ke dapur demi segelas kopi atau membuat sarapan. Sebaliknya, cobalah untuk lebih mesra dengan pasangan dan mengatakan sapaan-sapaan romantis seperti, “Aku bahagia selalu melihatmu begitu aku membuka mata.” Kebiasaan ini mungkin sedikit membuat Anda canggung. Namun, kesampingkan hal tersebut untuk membuat pernikahan Anda semakin dan semakin bahagia.

Kebiasaan Kecil & Simple untuk Pernikahan Sehat | Breaktime
Bahagia melihat seseorang yang dicintai saat membuka mata

Kirim pesan romantis

Saat pasangan tidak berada di dekat Anda untuk kesibukan bekerja, bukan berarti Anda tidak bisa berkomunikasi dengannya. Kirimkan saja pesan singkat romantis untuk meningkatkan perasaan cinta seperti “Aku kangen kamu, tidak sabar untuk melihatmu nanti malam.” Jangan malu, B’timers!

Jangan lewatkan pelukan

Sebuah pelukan hanya 5 detik bisa memberikan ketenangan dan semangat, apalagi jika dipeluk orang yang dicintai. Cobalah memeluk satu sama lain setiap kali baru bertemu di rumah, 10 detik saja untuk meningkatkan hormon ikatan yang lebih kuat. 

Kebiasaan Kecil & Simple untuk Pernikahan Sehat | Breaktime
Rasakan kekuatan pelukan

Sentuhan saat makan bersama

Menerapkan kebiasaan sederhana seperti memberi sentuhan saat makan bersama juga sangat bagus untuk meningkatkan kualitas pernikahan lho, B’timers. Tidak perlu yang berlebihan, cukup sentuh tangannya, lengannya atau mengusap punggungnya.

Beri pujian atas tindakan kecil yang ia lakukan

Memberi pujian sama artinya dengan berterima kasih atas apa yang dilakukan pasangan. Perlu diketahui bahwa hal itu bisa membuat pasangan bersyukur memiliki Anda yang selalu mendukungnya. Jangan lupakan untuk berterimakasih padanya atas tindakan sekecil apapun yang ia lakukan ya, B’timers.

Tunjukkan kritikan melalui hal yang manis

Kebanyakan orang hanya memberikan kritikan saat ingin mengungkapkan apa yang dibutuhkan. Diterima atau tidak, hal itu kurang tepat dilakukan. Jika memang Anda membutuhkan sesuatu dari pasangan, katakan saja. Daripada mengungkapkan kata-kata kasar, kenapa tidak mengungkapkannya dengan cara yang manis?

Misalnya, Anda bosan melihat pasangan Anda hanya berkutat dengan komputernya karena pekerjaan. Kalimat “Aku ingin menghabiskan waktu denganmu. Bisakah kamu melakukannya, sayang?”  akan jauh lebih baik daripada “Kamu hanya di depan komputer saja seharian!”

Nah, semoga tips di atas membuat pikiran Anda lebih sehat dan pernikahan lebih bahagia, ya! Selamat mencoba! (nap)

Share This Article