Iniloh Jawaban Kreatif saat Kamu Ditanya | Breaktime
6 Jawaban Kreatif Saat Ditanya "Kapan Nikah?" Ketika Lebaran
16.07.2015

Momen Idul Fitri seharusnya jadi waktu yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi, kadang ada saja yang mengajukan pertanyan “mengganggu” seperti “kapan nikah?” atau “ mana calonnya?”. Jika B’timers menghadapi situasi seperti ini, tak perlu bad mood! Berikan saja jawaban-jawaban berikut ini:

Berikan senyuman termanis

Senyum, jawaban paling mudah
Senyum, jawaban paling mudah

Ketika ditanya kapan menikah, jawab saja dengan senyum manis. Jangan malah marah-marah karena hal tersebut justru membuat sang penanya mengejar Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.

Bersikap cuek

Cuek saja hadapi pertanyaan bertubi-tubi
Cuek saja hadapi pertanyaan bertubi-tubi

Tidak semua pertanyaan harus Anda tanggapi, apalagi kalau sudah mengarah ke hal pribadi yang tak perlu diberitahukan ke semua orang. Tapi tentu saja lihat-lihat siapa yang bertanya, ya. Kalau orang yang lebih tua dari Anda mengajukan pertanyaan, jangan sampai sikap cuek tersebut disalahartikan sebagai tindakan tidak sopan.

Berikan jawaban bijak atau konyol

Sesekali, tanggapi dengan santai
Sesekali, tanggapi dengan santai

Biar kegalauan tak berlanjut, jawab saja pertanyaan kapan nikah tersebut dengan santai. Lontarkan jawaban-jawaban konyol seperti “tenang, jodoh di tangan Tuhan” atau “sabar dong, BMW kan lakunya tak secepat pick-up”. Selain bisa mengundang senyum yang mendengarnya, jawaban seperti ini juga akan membuat beban Anda sedikit berkurang.

Jawab, “Doakan saja, ya!”

Jawaban paling aman: doakan saja, ya!
Jawaban paling aman: doakan saja, ya!

Jawaban ini bisa dibilang ampuh untuk mengatasi pertanyaan kapan nikah yang terus menyerbu. Dengan menjawab secara bijak, paling-paling si penanya hanya membalas dengan kata senyuman.

Meninggalkan si penanya

Tinggalkan si penanya dengan sopan
Tinggalkan si penanya dengan sopan

Kalau berbagai jawaban sudah dilontarkan tapi si penanya tak juga ‘kapok’, lebih baik Anda menghindar dengan sopan. Dekati saja orang-orang yang bisa diajak ngobrol hal lain dan tak hanya fokus mengurusi kehidupan Anda.

Tanya balik

Tanya balik kepada adalah jurus pamungkas
Tanya balik kepada adalah jurus pamungkas

Jika si penanya juga belum menikah, jurus pamungkas yang paling tepat adalah dengan tanya balik kepadanya. Tapi kalau sudah menikah, ajukan pertanyaan lain yang sama mengganggunya, misal “Kapan punya momongan?” atau bisa juga “Kapan punya adik baru?”.

Hidup ini cuma sekali B’timers, jangan biarkan mereka mengusik kebahagiaan Anda dengan pertanyaan-pertanyaan yang seakan mengiris telinga. Maka dari itu, pintar-pintarlah menyiasati pertanyaan-pertanyaan tersebut dan jangan biarkan membuat mood Anda jadi berantakan!

Share This Article