6 Cara Unik Meningkatkan Kesehatan Mental Pria | Breaktime
6 Cara Unik Meningkatkan Kesehatan Mental Pria
28.01.2016

Bicara soal stres, baik pria maupun wanita pastinya pernah mengalaminya. Hanya saja bentuk pelampiasannya bisa berbeda-beda. Secara umum, wanita yang mengalami stres akan lebih ekspresif agar bad mood tersebut bisa segera pergi. Namun, lain dengan pria yang lebih banyak menahan emosinya sehingga suatu hari terkumpul dan bisa meledak kapan saja.

Itulah mengapa para pria harus lebih belajar untuk meningkatkan kesehatan mental mereka. Sebab, kecenderungan sifat mereka yang ingin menyelesaikan permasalahan secara mandiri kerap bikin merasa overwhelming. Nah, bagaimana cara untuk meningkatkan kesehatan mental pria? Berikut Breaktime bagikan informasinya:

Kumpul bersama teman

Yap, pria memang seringkali dihadapkan pada banyak perkara rumit yang menentukan decision making yang cepat. Tak heran bila keadaan semacam itu sering membuatnya stres. Namun, dengan kumpul santai bersama teman dapat meningkatkan kesehatan mental pria karena ada ruang untuk bercanda atau bertukar pikiran.

Nikmati waktu luang

Pria memang umumnya memiliki banyak target dan mimpi tinggi. Wajar saja bila mereka selalu memikirkan bisnis ataupun side job di tengah waktu luangnya. Apakah B’timers termasuk salah satunya? Namun tetap ingat, menyediakan waktu khusus untuk menyegarkan pikiran dari “teror” materi itu sangat baik bagi kebahagiaan pria. Menggambarlah, bermainlah dengan hewan peliharaan, jalan-jalanlah ke taman, dan lakukan aktivitas fun lainnya.

6 Cara Unik Meningkatkan Kesehatan Mental Pria | Breaktime
Aktif di kegiatan sosial termasuk pekerjaan, bikin pria merasa punya tanggung jawab baru

Aktif di kegiatan sosial

Terlalu sibuk mengurus kehidupan sendiri juga kerap kali bikin pria mati gaya dengan hidupnya. Ini merupakan pertanda bahwa Anda butuh tanggung jawab besar yang lebih menantang dengan peduli pada kehidupan orang lain. Sekilas memang terasa berat, namun bisa melihat orang lain bahagia karena bantuan Anda akan menghadirkan kekuatan emosional yang baik.

Konsumsi makanan sehat

Siapa bilang bahwa kesehatan mental pria tidak berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi? Memilih makanan secara asal tanpa peduli kandungan kolesterol dan gula berlebih justru bisa bikin B’timers bad mood. Sebab, makanan tak sehat bisa mengacaukan sistem hormonal tubuh yang akhirnya bikin Anda mudah stres. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi dan nutrisi seimbang.

Pelajari hal baru

Sering terjebak dengan rutinitas yang sama setiap hari pastinya bikin pria mudah jenuh. Solusinya, Anda harus mencoba aktivitas baru yang menantang. Bila selama ini B’timers lebih banyak bergelut dengan dunia marketing, mengapa tidak sekali-kali belajar skill memasak? Cobalah aktivitas yang selama ini asing bagi Anda dan rasakan serunya melakukan semua itu.

Menikah

Apakah B’timers masih menyandang status single? Menikah bisa jadi keputusan tepat untuk meningkatkan kesehatan mental pria, lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Ohio University mengungkap bahwa pria yang memutuskan menikah akan mengalami tekanan emosional yang lebih rendah. Sebab, mereka merasa memiliki pasangan yang siap mendukung dan menemani untuk mengambil keputusan.

Enam cara meningkatkan kesehatan mental pria tersebut benar-benar perlu B’timers coba. Terlebih bila akhir-akhir ini Anda merasa kurang produktif dan mudah bad mood. Yuk, jaga kesehatan pikiran seorang pria mulai dari sekarang! (vsc)

Share This Article