6 Cara Singkat untuk Tingkatkan Daya Konsentrasi | Breaktime
6 Cara Singkat untuk Tingkatkan Daya Konsentrasi
22.01.2016

Fokus pada pekerjaan menjadi hal yang sangat menyusahkan di era sekarang ini. Semakin canggihnya teknologi membuat B’timers terpaut dengannya. Baru duduk saja, sudah ada notifikasi dari media soaial Anda. Lalu, bagaimana bisa fokus, ya? B’timers cukup menerapkan enam cara ini dan mempraktikkannya setiap hari agar konsentrasi Anda tidak mudah teralihkan oleh hal lain.

6 Cara Singkat untuk Tingkatkan Daya Konsentrasi | Breaktime
Kurang fokus menghambat produktivitas
  • Bangun pagi

Jika B’timers gemar begadang, sebaiknya hindari terjaga hingga larut agar Anda bisa bangun lebih pagi. Kreativitas dan produktivitas adalah hal yang berbeda. Kala kreativitas muncul dari sudut pandang yang berbeda, maka produktivitas muncul ketika Anda lebih fokus. Saat bangun lebih pagi, Anda lebih mampu mempersiapkan diri untuk pekerjaan sehingga membantu B’timers untuk fokus.

  • Berolahraga

Saat B’timers berolahraga, otot Anda akan berkontraksi dan mengeluarkan protein yang disebut dengan IGF-1, yang mampu membangunkan senyawa kimia dalam tubuh Anda. Salah satunya adalah BDNF. BDNF mampu menstimulasi neuron sehingga mampu meningkatkan daya konsentrasi dan fokus Anda jika rutin berolahraga.

  • Meditasi

Meditasi membantu B’timers untuk meningkatkan kesadaran yang Anda miliki. Melalui meditasi, otak Anda akan terbantu untuk menyaring suara, terutama suara yang menganggu konsentrasi Anda. Cukup melakukan meditasi selama 10 menit sehari, maka B’timers akan lebih bisa mengontrol gangguan dari suara dan lebih fokus terhadap pekerjaan Anda.

  • Comfortable-zone

Sebisa mungkin ciptakan suasana paling nyaman bagi B’timers untuk tetap produktif. Mendengarkan lagu ballad, contohnya, dapat membantu Anda lebih produktif daripada mendengarkan suara berisik teman Anda. Hindarkan makanan berbau menyengat dari meja kerja Anda, karena bau dari makanan akan merangsang indera penciuman Anda dan menganggu konsentrasi.

  • Prioritaskan tugas

B’timers mungkin sudah membagi tugas berdasarkan kepentingannya, namun tetap tidak berhasil membuat Anda lebih fokus. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda menjadwalkan kapan pekerjaan tersebut harus terselesaikan. Misalnya tugas 1 dan 2 harus selesai dalam satu jam, maka turutilah apa yang sudah menjadi target Anda. Dengan begini Anda akan lebih produktif dari biasanya.

  • Rencanakan

Perencanaan akan membuat B’timers tetap berada dalam jalur. Usahakan menulisnya sespesifik mungkin hingga pekerjaan yang paling kecil juga Anda catat agar tidak terlewatkan nantinya. Karena otak B’timers hanya bisa mengerjakan dua pekerjaan rumit, maka fokuskan pada pekerjaan kecil daripada berfokus pada konsep gamblang saja.

6 Cara Singkat untuk Tingkatkan Daya Konsentrasi | Breaktime
Gunakan teknologi dengan lebih bijak

Selama Anda melakukan pekerjaan, sebaiknya hindarkan ponsel dari pandangan, karena notifikasinya akan menganggu konsentrasi Anda. Jangan lupa untuk sarapan di pagi hari sebagai tambahan energi sepanjang hari. Anda tidak bisa berfikir dengan perut kosong, bukan? Konsumsi kacang almond juga dapat membantu Anda untuk tetap fokus, lho. Cheer up! (ft)

Share This Article