5 Tanda Mengejutkan Anda Sedang Stres Berat | Breaktime
5 Tanda Mengejutkan Anda Sedang Stres Berat
02.05.2016

Yakin Anda tidak sedang stres, B’timers? Hmm, padahal semua orang pasti mengalami stres, lho. Dan itu merupakan hal yang sudah umum, B’timers. Anda mungkin berpikir selama tidak menghabiskan berjam-jam di bawah siraman shower di kamar mandi, itu artinya tidak ada masalah. Tapi, stres memiliki cara terlicik untuk datang pada Anda. Nah, berikut ini 5 tanda stres berat yang dapat terlihat jika Anda mengalaminya, B’timers.

Sakit perut

Ahli gastroenterologist di Baylor College of Medicine, Bincy Abraham mengatakan, bahwa sistem saraf otak berhubungan dengan sistem saluran pencernaan kita. Jadi jika ada masalah yang mengganggu pikiran, itu akan menjadi malapetaka pada perut, B’timers. Salah satunya adalah timbulnya sembelit. Ini terjadi karena adanya perubahan pola makan ketika seseorang sedang dilanda stres, meskipun dia sendiri tidak mengakuinya.

5 Tanda Mengejutkan Anda Sedang Stres Berat | Breaktime
Ketika pikiran menumpuk, perut pun mengalami gangguan

Rambut rontok

Dipecat dari pekerjaan atau putus hubungan dengan kekasih. Diperkirakan sampai 6 bulan setelah salah satu hal yang menyebabkan stres, Anda akan mendapatkan banyak helai rambut tersangkut di sisir atau saluran pembuangan di kamar mandi. Peningkatan hormon seks yang disebut androgen akan mendorong kerontokan rambut sementara, ujar Roberta Sengelmann, seorang dermatolog di Santa Barbara, California.

Mata berkedut

Lalu, salah satu dari 5 tanda stres berat lainnya adalah kejang otot di area kelopak mata. Ini biasanya terjadi selama beberapa menit, lho. Dokter sebenarnya masih belum mengetahui secara pasti apa penyebab mata kedutan, B’timers. Disarankan ketika salah satu kelopak mata berkedut, cobalah untuk rileks dan ambil napas dalam-dalam. Menggunakan obat mata tetes juga dapat membantu meringankan kejang, karena mata kering dapat memperburuk kedutan.

Timbul jerawat

Kulit Anda akan menjadi lebih sensitif dengan meningkatnya kadar androgen. Selain masalah kerontokan rambut, stres berat juga akan mendatangkan jerawat, B’timers. Tak heran jika jerawat begitu betah di kulit Anda, karena itu artinya Anda sedang stres berat. Kunjungan ke dokter kulit bisa membantu. Namun hindari keinginan memencet jerawat yang meradang, ya? Saat kondisi kulit sedang sensitif, makan kemampuan tubuh menyembuhkan luka akan semakin kecil.

5 Tanda Mengejutkan Anda Sedang Stres Berat | Breaktime
Masalah keluarga dan pekerjaan bisa menyebabkan stres berat

Nyeri punggung

Hormon-hormon tubuh Anda akan meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Hal ini akan meningkatkan risiko sakit punggung, B’timers. Menurut Joanne Borg, seorang dokter dari Harvard’s Spaulding Rehabilitation Hospital, stres kronis memang menyebabkan sakit punggung. Apalagi jika Anda sepanjang hari duduk di meja kerja. Latihan fisik adalah obat terbaik jika punggung terasa tegang dan nyeri. Berdirilah setiap beberapa waktu untuk melakukan gerakan peregangan akan sangat membantu.

Selain 5 tanda stres berat yang mungkin Anda rasakan, keadaan gugup dan sering merasa panik atau mudah depresi, itu juga tanda lain yang harus diperhatikan, B’timers. Terlebih jika keadaan tersebut menyebabkan Anda sampai mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Segera lakukan meditasi atau konsultasikan dengan orang terdekat saat ada hal yang mengganggu pikiran, ya? (NO)

Share This Article