5 Sindrom Psikologis dengan Nama Karakter Disney | Breaktime
5 Sindrom Psikologis dengan Nama Karakter Disney
24.05.2016

Sebuah drama Korea berjudul Pinocchio yang ditayangkan pada 2015 lalu, memunculkan kisah wanita yang hidup dengan sindrom Pinokio. Yang mana, wanita tersebut cegukan jika bicara bohong. Meski sindrom tersebut hanya rekayasa drama, namun ternyata sindrom Pinokio ini sungguhan ada, lho. Hanya saja, tidak seperti kondisi yang digambarkan dalam drama. Selain Pinokio, ada lagi 5 sindrom yang mengambil nama karakter Disney lho, B’timers!

Sindrom Peter Pan

Peter Pan adalah anak yang selalu menilai seseorang berdasarkan penilainnya saja. Jika Anda pernah melihat orang yang demikian, mungkin ia memiliki sindrom Peter Pan. Ini bukan sindrom resmi diakui oleh WHO, namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sindrom ini memang ada. Sindrom Peter Pan ditandai dengan ketidakmatangan emosi dan keengganan untuk mengambil tanggung jawab. Hal ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.

5 Sindrom Psikologis dengan Nama Karakter Disney | Breaktime
Peter Pan digambarkan sebagai karakter yang labil

Sindrom Sleeping Beauty

Di kehidupan nyata, gangguan Sleeping Beauty ternyata memang ada. Sindrom ini adalah gangguan neurologis langka yang ditandai dengan periode tidur yang berlebihan dan perubahan perilaku. Penderita sindrom ini sangat sering mengantuk dan tidur sepanjang siang dan malam. Mereka hanya akan bangun untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Wah, parah!

Sindrom Rapunzel

Ini sangat aneh, B’timers. Sindrom Rapunzel adalah kondisi usus parah yang dihasilkan dari orang yang makan rambut. Gangguan ini dikenal sebagai trichophagia. Mereka menelan begitu banyak rambut selama bertahun-tahun sehingga jadi bola rambut raksasa di dalam perut. Sindrom Rapunzel sangat langka dan hanya sekitar 24 kasus telah dilaporkan. Jika Anda punya perut yang lemah, jangan coba-coba searching gambar bola rambut, B’tiimers!

Sindrom Bambi Kompleks

Bambi, rusa kecil yang lucu yang ibunya tertembak hingga tewas. Orang yang terkena Kompleks Bambi sangat sentimental dan simpatik terhadap satwa liar dan binatang liar. Mereka biasanya memiliki perasaan yang sangat kuat terhadap perburuan, kebakaran dan setiap perlakuan tidak manusiawi lainnya terhadap hewan, terutama hewan yang lucu seperti rusa.

5 Sindrom Psikologis dengan Nama Karakter Disney | Breaktime
Sindrom Bambi memeiliki empati berlebihan pada hewan

Sindrom Cinderella

Sindrom Cinderella atau yang juga dikenal dengan Cinderella complex adalah penyakit psikologi yang biasa menimpa dewasa muda, terutama para wanita. Penyakit ini membuat wanita mengalami ketakutan dan rasa tidak percaya diri untuk menjadi mandiri. Akibatnya, ia selalu bergantung pada orang lain, terutama pria yang bisa mengayomi, melindungi dan menjadi prince charming baginya.

Wah, ternyata di balik nama kerennya ada gangguan yang cukup memprihatinkan ya, B’timers! (nap)

Share This Article