Meditasi Unik yang Tak Terpikirkan, Berani Coba? | Breaktime
5 Meditasi Unik yang Tak Terpikirkan, Berani Coba?
23.01.2016

B’timers sering melakukan meditasi? Biasanya ketika perasaan sedang tidak terkontrol, Anda disarankan untuk melakukan relaksasi pikiran. Bisa dengan duduk tenang selama beberapa waktu sambil mendengarkan musik lembut, atau berendam air hangat di bak mandi dengan lilin aroma terapi. Tapi, sebenarnya meditasi tidak hanya bisa dilakukan dengan duduk saja, lho, B’timers. Ada beberapa meditasi unik yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

1.Bersih-bersih

Tidak ada yang pernah menyangka bahwa pekerjaan rumah tangga bisa termasuk dalam bentuk meditasi. Seorang guru meditasi legendaris, Thich Nhat Hahn menuliskan, “washing the dishes to wash the dishes” dalam buku meditasi klasiknya, The Miracle of Mindfulness.

Anda bisa mencoba mengubah sejumlah tugas di rumah menjadi latihan untuk melepaskan beban, misalnya mencuci piring. Nikmati nuansa air yang menyentuh kulit, dengarkan piring atau sendok yang saling beradu menimbulkan suara merdu, juga gelembung-gelembung sabun yang melayang karena angin.

Meditasi Unik yang Tak Terpikirkan, Berani Coba? | Breaktime
Nikmati segelas minuman favorit

2.Minum

Bagi Anda yang menyukai aroma anggur dari koleksi wine, ini bisa menjadi cara untuk bermeditasi. Rasakan berat gelas kaca di tangan, lalu hirup dalam-dalam aroma wine kesukaan Anda, dan sesap setiap teguknya dengan tenang.

Namun, jika Anda bukan peminum, coba dengan secangkir teh atau kopi. Aroma khas dari minuman tanpa alkohol pun mampu menenangkan pikiran, lho, B’timers. Anda juga bisa menambahkan kelopak bunga saat menyeduh teh untuk mendapatkan wangi yang unik.

3.Mendengarkan diam-diam

Buka telinga lebar-lebar, karena di dunia ini terdapat banyak hal yang bisa Anda dengarkan, B’timers. Well, bukan bermaksud negatif, ya? Di sini Anda tidak diminta untuk mendengarkan percakapan orang lain, kok. Tapi, suara alam yang seringkali Anda abaikan karena kesibukan.

Mendengarkan diam-diam ini juga termasuk meditasi unik. Dan yang menarik, hal ini bisa Anda lakukan di mana saja. Di bus ketika dalam perjalanan menuju kantor, atau di bangku taman ketika menunggu anak-anak pulang sekolah.

Meditasi Unik yang Tak Terpikirkan, Berani Coba? | Breaktime
Gunakan krim untuk menghindari luka saat bercukur

4.Bercukur

Albert Einstein pernah mengatakan, dia mendapatkan ide cemelang ketika sedang bercukur. Karena pada saat itu seseorang bisa merasa tenang. Unik juga, ya? Mungkin tak terpikirkan kita bisa menenangkan pikiran dengan bercukur.

Namun, bagi Anda kaum wanita tentu tidak mungkin untuk bercukur, kan? Nah, Anda bisa menggantinya dengan berendam. Fokuskan pikiran dengan menikmati wangi sabun atau shampoo yang Anda gunakan.

5.Berjalan

Meditasi ini merupakan alternatif bagi siapa saja yang merasa terlalu gelisah untuk duduk tegak. Untuk mengubah berjalan menjadi meditasi, pusatkan perhatian pada tubuh dan rasakan berat badan yang bertumpu pada kaki. Berjalanlah perlahan sambil menjaga konsentrasi.

Ternyata, kegiatan kita sehari-hari bisa menjadi meditasi unik apabila dilakukan dengan tepat, ya. Dan, Anda sudah siap menyusuri jalan setapak di taman sekitar rumah? Atau Anda bisa mengunjungi taman yang menyediakan labirin, selain mengasah otak saat berusaha menemukan jalan, Anda juga bisa bermeditasi, bukan? (NO)

Share This Article