5 Manfaat Mengejutkan Bicara dengan Diri Sendiri | Breaktime
5 Manfaat Mengejutkan Bicara dengan Diri Sendiri
15.05.2016

Melihat orang ngomong pada diri sendiri mungkin membuat Anda mengernyit. “Dia gila?”, pemikiran itu mungkin sempat terlintas. Secara awam, melihat orang yang bicara sendiri memang terlihat aneh dan menyeramkan. Namun patut dicatat, bicara pada diri sendiri bukan berarti kalau orang itu gila. Tunggu, B’timers juga sering ngomong sendirian? Beruntunglah, karena ini 5 manfaat tak terduganya!

Kinerja otak lebih efisien

Pernah mengulang nama merk tertentu saat belanja, B’timers? Sebuah studi yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology menunjukkan bahwa orang yang mengulang nama dari item yang mereka cari ternyata memang efektif meningkatkan kinerja otak. Hipotesisnya, mengulangi kata-kata cenderung menguatkan daya rekam otak dan mengingat memori.

Mengatur cara berpikir

Dalam dunia yang sibuk sekarang ini, Anda memiliki berjuta pikiran yang memenuhi kepala setiap saat. Akhirnya, banyak hal yang sebenarnya penting menjadi berantakan dan terabaikan. Nah, dengan mengeluarkan isi kepala Anda meski ngomong sendiri, itu akan membantu pikiran terkendali jadi bisa memprioritaskan hal besar namun hal kecil tetap tidak terlupakan.

5 Manfaat Mengejutkan Bicara dengan Diri Sendiri | Breaktime
Belajarlah self-control

Mencapai tujuan

Mungkin B’timers pernah melihat adegan di film atau drama yang karakternya meneriakkan dengan keras tujuan hidupnya. Itu bukan hanya rekayasa, lho. Ternyata menyuarakan keinginan dengan keras memusatkan perhatian Anda, memperkuat pesan, mengontor emosi dan memudahkan Anda mencekal gangguan, seperti yang dijelaskan ahli psikolog, Linda Sapadin, Ph.D,.

Mengurangi stres

Karena bicara dengan diri sendiri membantu mengatur pikiran, itu juga berimbas pada hilangnya perasaan tertekan yang menyebabkan stres. Selanjutnya , berbicara kepada diri sendiri juga akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit dalam hidup, seperti percakapan dengan rekan, atasan atau orang-orang yang dicintai.

5 Manfaat Mengejutkan Bicara dengan Diri Sendiri | Breaktime
Bahagilah tanpa mendengar ocehan orang

Meningkatkan kemandirian

Mereka yang berbicara sendiri ternyata lebih cenderung mampu menyelesaikan masalah tanpa pertolongan. Sementara yang lainnya mungkin langsung menemui orang-orang tertentu untuk mendapat bantuan. Orang-orang yang berbicara sendiri mampu menganalisis situasi dan menemukan secara mandiri tanpa bantuan dari luar. Juga, dengan berbicara kepada diri sendiri, kita mendengarkan suara hati dan menemukan apa yang kita benar-benar inginkan.

Well, Sederhananya, orang-orang yang menghabiskan waktu dengan berbicara dan mendengarkan dirinya sendiri, tahu lebih banyak tentang dirinya dan mengerti yang terbaik, dibanding mereka yang tidak melakukan hal itu karena takut dibilang gila. (nap)

Share This Article