5 Langkah Paling Tepat Hadapi Orang yang Bawel | Breaktime
5 Langkah Paling Tepat Hadapi Orang yang Bawel
20.07.2016

Punya teman bawel, B’timers? Atau mungkin salah satu rekan kerja Anda ada yang banyak omong. Wah, memang menyebalkan, ya, dikelilingi dengan orang-orang yang bawel. Yang lebih menjengkelkan adalah mereka tidak pernah mau mendengarkan orang lain, B’timers. Hmm, seandainya bisa, sudah kita kirim ke kutub utara supaya tidak mengganggu. Eits, tunggu! Ada 5 langkah menghadapi orang bawel, kok!

Pertama dengarkanlah saja mereka

Anda tetap wajib mendengarkan apa yang mereka bicarakan, lho, B’timers. Satu yang perlu Anda ingat adalah, jangan berikan waktu terlalu lama pada mereka untuk ngoceh. Selama Anda mendengarkan dia, cobalah untuk merumuskan apa yang ada di dalam pikirannya.

Atur batas waktu untuk mereka bicara

Setelah mendengarkan, ambil kesimpulan dari apa yang mereka ceritakan dan tegaskan, bahwa Anda mengerti. Jika mereka terus saja ngoceh, berikan batas waktu yang bisa Anda tolerir, B’timers. Setelah itu, mintalah mereka memahami, Anda memiliki tugas lain yang harus diselesaikan.

5 Langkah Paling Tepat Hadapi Orang yang Bawel | Breaktime
Berani untuk mengatakan tidak!

Ungkapkan apa yang Anda pikirkan

Jika teman yang bawel itu dinilai sudah terlalu mengganggu, cukup ungkapkan saja apa yang ingin Anda katakan. Mulailah dengan mengatakan apa yang sudah mereka ceritakan. Apabila mereka masih terus bercerita, Anda harus lebih tegas. Jangan cemas Anda akan dibicarakan di belakang.

Tambahkan pengalaman Anda sendiri

Usahakan untuk tidak berhenti dengan mengomentari mereka. Tambahkan beberapa pengalaman Anda sendiri. Ini akan membuat mereka paham, jika Anda benar-benar mendengarkan apa yang telah mereka ceritakan. Jangan ragu untuk membagi pengalaman yang sama pada mereka.

Segera hentikan percakapan mereka!

Terkadang meskipun Anda telah menunjukkan sikap tegas, mereka tetap tidak mau mengerti dan terus berbicara seperti gerbong kereta. Ini saatnya Anda mengatakan, “Tidak, tapi maaf, karena saya sedang sibuk saat ini.” Dengan ini mereka akan berhenti datang kembali dengan cerita baru.

Terkadang untuk menghentikan teman atau rekan kerja yang bawel, adalah dengan mengatakan secara tegas, bahwa Anda tidak selalu memiliki waktu untuk mendengarkan curahan hati mereka, B’timers! (NO)

Share This Article