5 Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak | Breaktime
5 Kesalahan Orangtua Dalam Mengasuh dan Mendidik Anak
12.11.2015

Pernahkah Anda merasa salah dalam mengasuh dan mendidik anak? Tentu tidak bukan? Padahal nyatanya, masih banyak kesalahan yang dilakukan orangtua dalam mendidik dan mengasuh anak. Sayangnya, kesalahan ini seringkali tidak disadari.

Menganggap anak seperti orangtua

Tidak salah memang jika Anda menganggap anak memiliki ciri seperti Anda, karena adanya faktor genetik. Tapi tidak dengan sifat dan hal-hal yang disukainya. Anda mungkin menyukai waktu memasak, tapi belum tentu dengan anak. Mereka bisa saja menyukai buku, mempelajari otomotif, ataupun bernyanyi.

Faktor genetik memang diturunkan, tapi dalam pertumbuhan anak, lingkungan juga akan mempengaruhinya. Bahkan mengambil separuh bagian dalam hidupnya. Jadi, jangan lagi menganggap anak seperti Anda.

5 Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak | Breaktime
Anak akan merasa tertekan ketika orangtua membandingkannya dengan akan lain

Membandingkan dengan anak lain

Membandingkan anak dengan anak lainnya, baik itu saudara, teman sekelas, ataupun tetangga, adalah salah satu hal yang tidak dapat dibenarkan. Setiap anak memiliki bakat alami masing-masing dan berbeda dengan yang lain meskipun mereka saudara kandung dan memiliki gen yang sama. Dia mungkin lemah di bidang akademik, tapi bisa jadi dia memiliki bakat lain seperti olahraga atau musik. Orangtua, harus bisa memahami kemampuan anak dan mendukungnya agar semakin maju. Bukan membandingkan dengan anak lainnya.

Menganggap anak pemalas

Anak tertua dalam keluarga sering dianggap sebagai pemalas. Hal ini sebenarnya bukan karena anak yang tidak mau berusaha, tapi karena orangtua yang memiliki harapan tinggi. Orangtua umumnya berharap anak tertua akan menjadi teladan dan memberikan contoh yang baik pada adik-adiknya. Sebenrnya tujuan orangtua ini adalah hal baik, namun, perlu ada perbaikan pandangan agar tidak menghakimi anak sebagao pemalas. Tapi, tahukah Anda, rata-rata anak tertua memiliki nilai yang lebih baik dibanding adik-adiknya?

5 Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak | Breaktime
Perhatikan asupan makanan anak agar tidak kelebihan berat badan

Mengabaikan berat badan berlebih

Orangtua menyukai anak yang gemuk karena terlihat lebih sehat. Namun, sebaiknya orangtua juga memperhatikan berat badan ideal anak sejak kecil. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak mengalami obesitas dikemudian hari. Kebiasaan mengonsumsi banyak makanan sejak kecil, akan mempengaruhi kebiasaan makan anak hingga mereka dewasa.

Memberikan saran untuk menantu wanita

Saat dewasa anak akan menikah dan memiliki keluarga sendiri. Saat itu juga orangtua merasa bimbingan pada menantu wanitanya adalah hal yang sangat diperlukan untuk keberlangsungan rumah tangga. Padahal, tak jarang saran ataupun bimbingan orangtua terhadap menantu wanita ini menjadi tekanan dan dapat mengganggu hubungan anak dengan pasangannya. Bahkan, ikut campur orangtua dalam rumah tangga anak untuk mengatur menantu wanitanya dapat meningkatkan perceraian hingga 20 persen. Untuk itu, biarkan anak dan pasangannya mengatur dan menyelesaikan masalah rumah tangga mereka sendiri, tanpa campur tangan orangtua. Karena mereka telah dewas.

Sebelum terlambat, jadilah orangtua yang baik bagi anak. Pahamilah mereka dan dunianya, serta jangan terlalu memaksakan harapan Anda pada anak agar mereka tidak merasa tertekan. (dfr)

Share This Article