Karakter yang Ayah Tularkan Pada Buah Hatinya | Breaktime
5 Karakter yang Seorang Ayah Tularkan Pada Buah Hatinya
12.11.2015

Peranan orang tua dalam mendidik anak adalah sangat penting, mengingat keluarga adalah sekolah pertama bagi mereka yang baru lahir di dunia. Tak perlu diperjelas lagi kalau ibu adalah sosok tak tergantikan dalam mendidik anak. Tapi, ayah juga memiliki peran yang tidak kalah penting meskipun sosok ini jarang sekali dibincangkan. Dari seorang ayah, ada beberapa karakter yang akan didapatkan oleh buah hati seperti berikut ini:

1. Berani

Dari sosok ayah, anak mengenal bagaimana caranya menghadapi rasa takut dengan keberanian. Mungkin terlihat sepele, tapi tindakan ayah seperti menyalakan lampu saat gelap atau berkata jujur setelah merusak guci karena bermain bola di dalam rumah akan membuat si anak bisa bersikap berani meskipun keadaan sulit menghimpitnya.

2. Tanggung jawab

Sikap berani bertanggung jawab juga kebanyakan datang dari sosok ayah lho, B'timers. Hampir sebagian besar ayah mengajarkan bagaimana ia harus menghadapi semua risiko akibat dari apa yang telah dilakukan. Tindakan seperti mengatakan yang sejujurnya tentang apa yang terjadi adalah salah satu contoh dari tanggung jawab yang sering ayah lakukan.

Karakter yang Ayah Tularkan Pada Buah Hatinya | Breaktime
Sosok ayah memiliki peran penting dalam mendidik buah hatinya

3. Realistis

Dari bunda anak belajar bagaimana caranya menggunakan perasaan. Tapi dari seorang ayah, anak diajarkan bagaimana berpikir secara realita. Ayah tidak berbohong soal dunia yang sulit ini dan mengajarkan bahwa anak harus berpikir menggunakan logika sebelum bertindak agar tidak menyesal di kemudian harinya.

4. Kuat

Separah apapun kondisinya, sesulit apapun masalahnya, seorang ayah selalu siap untuk membentengi keluarganya dari kehancuran. Dari sinilah anak belajar betapa hebatnya sosok pahlawan yang dipanggil dengan nama ayah dalam menghadapi sebuah masalah. Ayah berkontribusi dalam perannya mengajarkan jiwa yang kuat dan pantang menyerah kepada anaknya.

5. Mengerti

Mengerti yang dimaksud adalah bersabar, menerima, dan mengikhlaskan apapun yang terjadi meskipun kita sudah berusaha. Meskipun sikap yang satu ini sering diajarkan oleh bunda, ayah juga mengajarkan betapa pentingnya mengerti agar anaknya tumbuh dewasa dengan rasa syukur yang besar.

Meskipun sosok bunda tidak bisa digantikan dan sering dibicarakan, ayah juga salah satu kunci kesuksesan dibalik jayanya seorang anak. Peran penting ayah dalam mendidik karakter anak tidak akan bisa digantikan. Meskipun caranya terbilang unik dan berbeda dari bunda, ayah tetap menginginkan yang terbaik untuk anaknya. (wsu)

Share This Article