5 Hal yang Paling Disesali dalam Hidup
5 Hal yang Paling Disesali dalam Hidup
25.02.2016
“Life isn’t about finding yourself. Life is about creating yourself.” – George Bernard Shaw

Kehidupan bukanlah suatu hal yang abadi, meskipun akan ada kehidupan setelah kematian. Dalam menjalani hidup hari demi hari, banyak hal yang dapat dilakukan dan tak dapat dilakukan dengan alasan tertentu. Namun, beberapa hal dalam kehidupan seringkali disesali pada akhirnya. Apa saja?

Tak mampu jujur pada diri sendiri

Seringkali kita menyembunyikan jati diri yang sebenarnya hanya untuk memenuhi harapan orang lain yang digantungkan pada kita. Penyesalan ini merupakan penyesalan yang paling dialami oleh hampir semua orang. Tak sedikit dari kita yang berusaha menjadi orang lain dan mengubur mimpi-mimpi. Untuk itu, jujurlah pada diri Anda dan lakukan apa yang ingin Anda lakukan.

Luangkan lebih banyak waktu untuk keluarga
Luangkan lebih banyak waktu untuk keluarga

Terlalu bekerja keras

Pekerjaan memang merupakan kunci untuk mendapatkan harta berlimpah. Sayangnya, harta bukanlah kunci kebahagiaan dalam hidup. Memiliki banyak harta mungkin bisa membeli segalanya, tetapi tidak kebahagiaan. Untuk itu, selama masih ada waktu, curahkan perhatian Anda pada orang-orang terkasih yang selalu ada dan setia memberi dukungan.

Tidak berani mengungkapkan perasaan

Memendam perasaan pada akhirnya hanya akan menyakiti diri Anda sendiri. Tidak mengungkapkan apa yang Anda rasakan saat ini, bisa menjadi penyesalan yang dalam di kemudian hari. Dibanding selalu menahan perasaan untuk menjaga perdamaian, coba ungkapkan apa yang Anda rasakan pada orang lain. Meskipun sulit pada awalnya, mungkin saja ini yang terbaik bagi Anda dan mereka.

Selagi ada waktu, nikmati kebersamaan bersama sahabat
Selagi ada waktu, nikmati kebersamaan bersama sahabat

Tidak berhubungan dengan teman-teman

Di usia produktif, karena kesibukan pekerjaan, teman mungkin bukanlah hal yang penting bagi Anda. Tapi, di hari tua, seringkali teman menjadi tempat terbaik untuk berbagi cerita. Oleh karena itu, tidak menjaga hubungan baik dengan teman saat ini, akan menyebabkan penyesalan di kemudian hari. Selagi bisa, jagalah hubungan baik dengan teman atau sahabat terdekat.

Berharap bahagia

Anda mungkin berpikir bahwa kebahagiaan merupakan hal yang bisa dengan mudah didapatkan, padahal seharusnya kebahagiaan diciptakan. Berbahagia atau tidak merupakan pilihan yang ada di tangan Anda. Seringkali, seseorang terjebak pada kenyamanan hingga lupa mencoba hal baru, serta melewatkan hal-hal bahagia yang seharusnya bisa mereka alami.

Hidup Anda, ada di tangan Anda, bukan orang lain. Tidak melakukan hal-hal yang ingin dilakukan hanya untuk memenuhi harapan orang lain, hanya akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu, cobalah hidup untuk diri Anda sendiri, bukan orang lain, B’timers! (dfr)

Share This Article