5 Fakta Unik yang Bisa Dipetik dari Selebrasi Idul Adha | Breaktime
5 Fakta Unik yang Bisa Dipetik dari Selebrasi Idul Adha
24.09.2015

Setiap tahun, selebrasi Idul Adha memang selalu ramai digelar di berbagai belahan dunia. Ada keceriaan yang terpancar pada momen ini, terlebih dengan hadirnya sejumlah menu kuliner berbahan daging yang tak pernah absen. Namun, dibalik kemeriahan hari raya Idul Adha tersebut, tahukah B’timers bahwa momen ini menyuguhkan sejumlah hal menarik untuk dipetik? Apa itu?

Menguji tingkat ketaqwaan

Masih ingatkah B’timers dengan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih putra Nabi Ismail? Pergolakan batin pastinya dialami oleh Nabi Ibrahim dan ketakutan akan kematian juga merundung Nabi Ismail.

Meski begitu, keduanya tetap yakin bahwa Allah tak akan memiliki keputusan terbaik. Dan, terbukti ketaqwaan mereka di tengah ketakutan tersebut membuat Allah menyelamatkan Nabi Ismail dari sayatan pisau tajam.

Memotivasi untuk bekerja keras

Ada pahala yang begitu besar bagi mereka yang mampu berkurban dan inilah yang menjadi penyemangat seseorang agar bekerja keras. Dalam banyak literatur hadis, disebutkan bahwa ibadah kurban merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah dan Nabi Muhammad pun menyatakan ada banyak kebaikan hingga pada satu helai rambut hewan kurban.

Kedekatan sosial makin terasa di momen Idul Adha
Kedekatan sosial makin terasa di momen Idul Adha

Mengasah jiwa kepekaan sosial

Dengan syariat kurban, Anda juga diajarkan untuk berbagi dengan sesama. Uniknya, indahnya semangat berbagi tak hanya dirasakan pada kalangan kaum papa, tapi juga kalangan kaya raya. Di sinilah rasa kepekaan sosial itu akan perlahan muncul karena satu sama lain saling peduli dalam ikatan cinta saling memberi dan berbagi.

Menanamkan rasa sayang pada hewan

Penyembelihan dalam agama Islam diatur dengan sangat ketat. Hewan yang akan disembelih harus dirawat dengan baik dan pisau yang digunakan untuk menyembelih harus memiliki ketajaman maksimal. Semua ini bertujuan agar hewan segera mati dan terbebas dari rasa sakit yang menyiksa.

Bahkan dalam sejumlah literatur hadis, Nabi Muhammad melarang umatnya menyembelih hewan di hadapan binatang lain. Sebab, hal ini akan mendatangkan depresi bagi hewan lain yang melihat. Selain itu, Nabi juga melarang memperlakukan hewan sembelihan secara kasar dalam bentuk apapun. See? How wonderful is that to animal welfare?

Membangun ikatan persaudaraan

Usai penyembelihan, B’timers juga akan dilatih untuk saling berkoordinasi dengan umat muslim lainnya untuk membagi jatah hewan kurban. Tak heran bila Anda juga harus pergi ke sejumlah lokasi terpencil demi tersalurnya daging hewan kurban secara merata. Semua ini pada akhirnya menguatkan ikatan persaudaraan melalui jalinan kerja sama yang hebat.

Ada banyak hikmah dan pelajaran berharga yang bisa B’timers petik dari semangat berkurban di Hari Raya Idul Adha, bukan? Apakah Anda mulai tertarik untuk ikut berkurban tahun depan? 

Share This Article