5 Alasan yang Bakal Bikin Kita Lebih Mencintai Diri Sendiri | Breaktime
5 Alasan yang Bakal Bikin Kita Lebih Mencintai Diri Sendiri
04.10.2015

Sebagai makhluk sosial, B’timers tentu hidup berdampingan dengan orang lain. Mulai dari orangtua, saudara, hingga sahabat. Nah, seringkali saat teman dan sahabat kita sedang merasa sedih atau down, kita menghiburnya dan memberikan berbagai masukan agar tetap semangat. Well, we must admit that doing it to other people is way easier than to ourself, right? Padahal, diri kita sendiri juga butuh dicintai, sangat butuh. Mengapa? Ini dia alasannya:

Menerima diri sendiri membuat Anda lebih bahagia

Saat Anda mampu menerima diri sendiri, Anda akan merasa lebih lega dan puas dengan kehidupan Anda. Untuk lebih menghargai diri sendiri, B’timers bisa bertanya pada orang terdekat tentang apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan Anda, ini akan membuat diri lebih bahagia.

Memotivasi diri menjalankan pola hidup sehat

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology, tubuh akan jadi lebih sehat saat kita banyak bergerak, bukannya lesu dan bermalas-malasan. Jadi, jika Anda merasa bangga dengan diri sendiri dan jadi lebih aktif, itu bisa sekaligus membantu Anda mencapai pola hidup sehat yang selama ini sudah Anda impikan, misalnya seperti diet.

Mencintai diri sendiri akan membuat kita hidup sehat
Mencintai diri sendiri akan membuat kita hidup sehat

Menjauhkan resiko penyakit dan masalah pada mental

Berdasarkan studi yang dilaporkan di New York Times, orang yang lebih mencintai diri sendiri  cenderung lebih aman dari resiko depresi atau rasa cemas dan gelisah. Selain itu, Anda juga jadi lebih optimis, tidak mudah stres dan bisa lebih mudah meraih tujuan.
Mendorong Anda menghentikan kebiasaan menunda

Menunda adalah salah satu hal yangp pernah dilakukan semua orang. Namun, mengulur waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sebenarnya justru bisa membuat stres. Dengan mencintai diri sendiri, Anda akan dapat mengurangi stres yang bisa memicu kebiasaan menunda.

Membantu Anda melewati berbagai kesulitan

Dalam hidup, akan selalu ada masa-masa bahagia dan masa-masa sulit. Ketika Anda merasa sangat terpuruk, untuk langkah awal Anda bisa coba lebih mencintai diri sendiri. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks.

Memberikan kasih sayang pada orang lain memang perlu, namun alangkah baiknya jika B’timers memulainya dengan benar-benar mencintai diri sendiri. Because yourself is the one you spend your whole lifetime with.

Share This Article