Alasan Sederhana untuk Bersyukur Menjalani Hidup | Breaktime
5 Alasan Sederhana untuk Bersyukur Menjalani Hidup
26.01.2016
“Happiness isn’t about getting what you want all the time. It’s about loving what you have and being grateful for it.”

Apa kira-kira yang bisa membedakan kualitas hidup seseorang ketika mereka dihadapkan pada kehidupan yang sama? Di satu sisi ada orang yang tak ada habisnya mengeluh, tapi di satu sisi ada orang yang begitu lihainya untuk bersyukur. Nah, termasuk tipe yang manakah diri B’timers? Dan kenapa harus bersyukur selalu dalam hidup ini?

Memunculkan rasa syukur ini memang kerap kali tak gampang, lho. Namun, tahukah Anda bahwa hanya dengan bersyukur maka tubuh akan sedikit sekali mengalami gangguan kesehatan? Yap, penelitian tersebut telah dilakukan oleh Hill PL, Allemand M, serta Roberts BW dari Department of Psychology, University of Illinois. Berikut manfaat lain kenapa B’timers wajib bersyukur:

Bikin lebih optimis

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert A. Emmons dari University of California, orang yang bersyukur mampu merasa lebih optimis dan mencintai diri sendiri. Bahkan, rasa optimis karena bersyukur ini juga mendorong mereka untuk lebih banyak olahraga dibandingkan mereka yang hanya mengingat kekurangan diri dan tidak bersyukur.

Alasan Sederhana untuk Bersyukur Menjalani Hidup | Breaktime
Bersyukur bikin Anda punya banyak teman dan kenalan

Punya lebih banyak teman

Kenapa harus bersyukur juga menjadi alasan basic bila Anda ingin punya hubungan pertemanan yang menyenangkan. Sebab, orang yang senang bersyukur akan memancarkan aura hangat dalam dirinya yang menjadikan orang lain untuk tertarik bicara dan menjalin persahabatan dengan mereka.

Bebas dari pikiran bunuh diri

Coba B’timers renungkan, kira-kira apa penyebab utama seseorang nekat melakukan bunuh diri? Sebagian besar melakukannya karena bosan hidup dan kurang bisa melihat hal baik dalam dirinya. Seberapapun kecilnya hal baik dalam hidup Anda, syukurilah dengan sepenuh hati. Sebab, ada banyak hal baik yang biasanya we take it for granted but other people really fight for it.

Alasan Sederhana untuk Bersyukur Menjalani Hidup | Breaktime
Bersyukur bikin ide-ide kreatif lebih mudah mengalir

Penuh ide kreatif

Seseorang yang terbiasa dengan sikap mudah bersyukur akan mampu melihat banyak hal positif di sekitarnya. Tak heran bila orang semacam ini selalu penuh ide-ide segar dari hal-hal remeh yang tak banyak dilirik orang. Ide kreatif yang diwadahi dengan baik tentunya akan mengantarkan B’timers jadi sosok orang produktif yang menginspirasi.

Tidur lebih nyenyak

Sebuah studi yang dilakukan oleh  Paul J. Mills dan sejumlah rekannya dari University of California yang diterbitkan dalam jurnal American Psychological Association mengungkap fakta unik. Orang yang pandai bersyukur ternyata bisa tidur lebih nyenyak, memiliki mood yang baik, dan bisa menghilangkan nyeri pada bagian tubuh. Kondisi inilah yang juga bisa mencegah B’timers dari risiko gagal jantung.

Nah, bukankah ada banyak sekali manfaat kenapa harus bersyukur yang perlu B’timers terapkan dalam hidup ini? Jangan biarkan kesedihan dan kegetiran hidup membuat Anda melupakan banyak hal indah dalam hidup ini yang sebenarnya selalu menemani. Let’s live to the fullest! (vsc)

Share This Article