Orang Cengeng Secara Mental Jauh Lebih Kuat | Breaktime
5 Alasan Kenapa Orang Cengeng Secara Mental Jauh Lebih Kuat
26.12.2015

Terkadang kita jengkel jika melihat orang yang terlalu sering dan sangat mudah menangis meski hanya karena hal-hal sepele. Mereka beranggapan bahwa meski menangis tidak menyelesaikan masalah, setidaknya dengan menangis bisa melegakan dan mengurangi rasa sesak yang menghimpit dada.

Karena alasan tersebut, kita sering menilai bahwa orang yang mudah menangis adalah orang yang lemah dan sama sekali tidak kuat. Padahal kita salah, orang yang mudah mengekspresikan kesedihannya ternyata malah memiliki mental yang jauh lebih kuat daripada mereka yang jarang atau hampir tidak pernah menangis.

Penasaran mengapa bisa demikian? Berikut 5 alasan yang membuktikan bahwa orang cengeng secara mental lebih kuat dari pada orang yang tak pernah menangis.

Mereka tidak takut mengeluarkan emosinya

Mereka tidak takut mengeluarkan emosi yang dirasakan. Jika mereka bahagia, mereka akan menunjukkan kebahagiaannya. Jika kesakitan, meruka menunjukkan rasa sakitnya dan jika bersedih maka mereka menunjukkan rasa sedihnya. Jadi jika Anda sedang sedih, mengapa Anda tidak menangis? Mengapa Anda tidak akan memberikan diri Anda hak untuk sedih?

Orang-orang yang mengabaikan kesedihan adalah orang-orang yang menipu diri dari aspek penting dari kehidupannya. Kesedihan atau tangisan bukanlah tanda kelemahan. Itu adalah tanda bahwa Anda seorang manusia dan memiliki perasaan yang jujur bahwa apa yang Anda tunjukkan di hadapan umum adalah apa yang Anda rasakan di dalam hati.

Orang Cengeng Secara Mental Jauh Lebih Kuat | Breaktime
Menangislah jika itu membuat Anda merasa lebih baik

Mereka lebih memahami manfaat dari air mata

Menangis memang tidak menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi, tapi menangis bisa mengurangi rasa stress. Selain menghilangkan stres, menangis, air mata yang jatuh saat menangis memiliki manfaat ilmiah karena mereka melepaskan racun, membantu memperbaiki penglihatan dan dapat membunuh 90 sampai 95 persen dari semua bakteri hanya dalam waktu lima sampai 10 menit.

Mereka tahu bahwa menangis bisa mengurangi beban

Penelitian psikologis baru-baru ini telah menetapkan bahwa menangis bisa menstimulasi pelepasan otak endorphin kita, hormon "merasa-baik" yang juga bertindak sebagai pembunuh rasa sakit alami. Meski tidak menyelesaikan masalah, percayalah bahwa dengan menangis perasaan Anda akan jauh lebih baik. Beban yang Anda rasakan setidaknya berkurang dan pikiran Anda jauh lebih jernih untuk segera menyelesaikan masalah.

Mereka tidak peduli dengan aturan jender

Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa laki-laki yang menangis adalah pria lemah. Anda harus tahu bahwa Tuhan memberikan air mata bukan hanya untuk wanita. Jadi, baik pria maupun wanita boleh menangis.

Mereka mengajarkan orang lain untuk jujur pada perasaannya

Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 1. Mereka yang lebih sering menangis bisa lebih jujur pada perasaannya. Maka, dengan demikian sebenarnya mereka mengajarkan kepada kita untuk tidak lari dari perasaan apapun yang kita rasakan. Menerima dan tidak mengingkari apapun meski harus menangis.

Jadi, B’timers, semoga setelah mengetahui  5 alasan tadi, Anda akan lebih jujur pada diri Anda dan lebih bisa mengekspresikan perasaan Anda. Jika harus menangis, menangislah. Menangis bukan hal yang memalukan kok. Justru itu adalah tanda bahwa kita adalah manusia yang mempunyai perasaan. (nap) 

Share This Article