5 Alasan Betapa Pentingnya Punya Tujuan Hidup | Breaktime
5 Alasan Betapa Pentingnya Punya Tujuan Hidup
16.02.2016

Kehidupan memang menyimpan banyak misteri. Itulah kenapa banyak sekali manusia yang memilih menjalani hidup dengan spontan. Artinya, mereka membiarkan kehidupan mengalir dengan sendirinya tanpa dikalkulasi. Namun, tahukah Anda tentang betapa pentingnya punya tujuan hidup? Simak ulasan selengkapnya jika penasaran.

Membuat Anda lebih fokus

Menjalani hidup tanpa banyak target dan tujuan tertulis mungkin memberi Anda banyak kejutan. Namun, tujuan hidup juga berguna untuk membantu Anda menjadi pribadi yang lebih fokus. Anda tidak harus menulis semua keinginan dan terobsesi untuk mewujudkan seluruhnya. Cukup menuliskan hal-hal mendasar yang bisa menolong Anda berjalan sesuai koridornya seperti tujuan karier Anda, kapan Anda menikah dan di mana Anda akan tinggal di masa tua.

Memudahkan tantangan terberat

Memiliki tujuan hidup akan mengubah gunung yang tinggi menjulang menjadi bukit yang mudah didaki. Artinya, tantangan tersulit apapun menjadi mudah untuk ditaklukkan. Itu karena tujuan hidup membuat Anda siap menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan dengan rencana matang Anda. Jadi, kemungkinan kegagalan sudah diperhitungkan dengan baik. Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang membiarkan hidupnya mengalir seperti air tanpa tujuan apapun.

5 Alasan Betapa Pentingnya Punya Tujuan Hidup | Breaktime
Tantangan berat mudah ditaklukan dengan perhitungan

Meningkatkan rasa percaya diri

Tahukah Anda bahwa salah satu pentingnya punya tujuan hidup adalah meningkatkan rasa percaya diri? B’timers, dengan menuliskan tujuan hidup, Anda secara tidak langsung sudah percaya terhadap kemampuan diri Anda dalam meraih sesuatu. Jika Anda serius mencapai tujuan hidup dan tak patah arang apapun yang terjadi, kemajuan yang diraih akan membuat Anda berteriak dalam hati; “Lihat, aku bisa, kan?”

Membantu Anda mendapatkan kebahagiaan sejati

B’timers, seseorang tanpa pandangan dan tujuan hidup tidak akan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Anda tentu banyak menjumpai kasus seperti seseorang yang merasa ingin sendiri, namun sebenarnya ia butuh orang lain di sekitarnya. Ada seseorang yang membeli mobil mewah dan rumah megah, namun tidak mendapatkan kenyamanan dan kebahagiaan. Lantas, bagaimana Anda bisa tahu apa yang benar-benar Anda inginkan jika tujuan hidup saja tidak punya? Nah, itulah kenapa tujuan hidup itu penting.

5 Alasan Betapa Pentingnya Punya Tujuan Hidup | Breaktime
Kebahagiaan didapat setelah tahu tujuan hidup

Membantu Anda bersungguh-sungguh menjalani hidup

Percayalah, tujuan hidup akan membuat Anda lebih menghargai waktu yang Anda miliki. Ini yang kemudian mendorong Anda untuk serius menjalani hidup demi tercapainya tujuan. Ketika tujuan hidup sudah ditentukan, Anda akan terdorong untuk melakukan semuanya dengan maksimal dan sungguh-sungguh.

Namun demikian, B’timers jangan sampai terlalu ngoyo dan kaku hanya demi mencapai tujuan hidup. Tetap longgarkan pegangan dan berjalanlah sewajarnya agar tidak kehabisan tenaga sebelum tujuan tercapai. Jadi, sudah tahu bukan pentingnya punya tujuan hidup? (nap)

Share This Article