5 Alasan Anda Perlu Mengajak Anak Traveling | Breaktime
5 Alasan Anda Perlu Mengajak Anak Traveling
15.02.2016

Anda sering mambuat rencana untuk bepergian saat anak-anak liburan, B’timers? Atau mungkin Anda justru takut jika harus bepergian ke tempat jauh dengan membawa anak-anak? Wah, sayang sekali. Karena ternyata dengan mengajak buah hati traveling atau mengunjungi tempat baru, dapat memberikan manfaat bagi mereka, lho.

1.Belajar beradaptasi

Saat mengunjungi tempat baru, mereka dipaksa beradaptasi dengan lingkungan baru. Bahkan keterlambatan pesawat atau kemacetan di jalan, hingga hambatan bahasa yang dihadapi, akan menjadi alasan mereka melangkah keluar dari zona nyaman dan belajar beradaptasi atau mencari solusi terbaik menyelesaikan masalah yang ada. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka, lho.

5 Alasan Anda Perlu Mengajak Anak Traveling | Breaktime
Jangan takut menanyakan arah pada orang asing

2.Belajar mempercayai orang lain

Tugas kita sebagai orang tua memang menjaga keamanan buah hati. Selain itu, juga bertanggung jawab membantu mereka belajar bagaimana dan kapan waktunya untuk mempercayai orang lain. Ada waktunya di mana Anda harus bergantung pada orang yang tidak dikenal, seperti sopir taksi atau orang asing untuk menunjukkan arah. Dan interaksi ini mengajarkan anak-anak tidak mudah takut, B’timers.

3.Belajar mencari persamaan

Orang akan mencari hal yang familiar, jika mereka berada di lingkungan baru. Begitu juga jika Anda bepergian dengan anak-anak. Mereka akan belajar melihat hal yang sama di dalam kota yang sangat asing bagi mereka. Dengan mengembangkan kemampuan mencari kesamaan dan bukanlah perbedaan, akan membantu anak-anak berkomunikasi dengan banyak orang di sekitar.

4.Belajar tentang pentingnya mendengarkan

Di rumah, biasanya anak-anak menjadi pembicara yang aktif, dan jarang yang mau mendengarkan. Namun saat berlibur, mereka diharuskan menjadi pendengar yang baik. Mereka akan lebih memperhatikan informasi dalam situasi yang asing. Selain itu, mendengarkan juga akan mengajari anak untuk berpikir kritis. Dan kedua hal tersebut merupakan kunci utama dalam pemecahan suatu masalah.

5 Alasan Anda Perlu Mengajak Anak Traveling | Breaktime
Ajak buah hati meng-explore tempat baru

5.Belajar memahami

Melihat tempat yang berbeda dan mempelajari norma budaya yang juga berbeda, dapat mengajarkan anak-anak memahami tentang pertanyaan yang ada di kepala mereka. Dan pemahaman ini membantu mereka berhubungan dengan berbagai orang dan membantu mereka merasa nyaman dengan lingkungan tersebut.

Ternyata dengan membawa serta putra-putri kita mengunjungi tempat asing, bisa mengajarkan mereka menjadi orang yang sukses nantinya, lho. Jadi Anda tidak perlu merasa cemas lagi jika berencana bepergian bersama anak-anak liburan yang akan datang, ya, B’timers? (NO)

Share This Article