Trik Unik Agar Anda Tak Lagi Menunda Pekerjaan | Breaktime
4 Trik Unik Agar Anda Tak Lagi Menunda-Nunda Pekerjaan
02.11.2015
“Do it now. Sometimes ‘Later’ becomes “Never’.”

B’timers tentunya pernah memiliki pekerjaan yang sebenarnya akan lebih baik bila diselesaikan saat itu juga. Namun, karena berpikir bahwa mengerjakannya sekarang bukanlah saat yang tepat dan besok adalah waktu yang lebih ideal, Anda pun rela menundanya. Apa yang terjadi?

Ternyata hari esok Anda menghadapi hari yang lebih berat dan makin malas pula untuk menyelesaikannya. Dan begitulah, hingga kata “nanti” secara ajaib berubah menjadi “tak pernah terjadi”. Oleh karena itu, Breaktime hadir untuk membagikan tips agar Anda tak lagi menunda-nunda pekerjaan:

Berikan sugesti positif

Myrra Vernooji-Dassen, Ph.D, dari Radboud University Nijmegen Medical Centre di Belanda menyatakan berpikir positif mampu mengalirkan kebiasaan yang lebih baik. Yap, alih-alih berpikir menunda-nunda adalah karakter Anda, coba ingat momen ketika B’timers menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Bukankah saat itu Anda merasa bahagia karena tak terbebani dengan pekerjaan? B’timers juga tak perlu panik dan stres saat dikejar deadline yang terlalu mepet. Ingatlah sensasi menyenangkan ini berulang kali dan jadikan Anda mampu merasakannya sekali lagi.

Trik Unik Agar Anda Tak Lagi Menunda Pekerjaan | Breaktime
Mulailah mengerjakan hal kecil sedikit demi sedikit

Pecah tugas besar jadi tugas kecil

Dihadapkan pada setumpuk tugas jelas akan membuat B’timers stres duluan, ya. Oleh karena itu, cobalah untuk membaginya menjadi tugas kecil dan mulai selesaikan secara bertahap dan konsisten. Misalnya, Anda tak ingin menyelesaikan paper tebal saat itu juga, tapi Anda bisa memilih untuk menghabiskan satu atau dua jam melakukan brainstorming untuk mencari ide dan menyusun kerangka tulisan.

Berikan reward untuk diri

Penting bagi Anda untuk menghargai upaya diri jadi lebih disiplin dengan melakukan hal yang menyenangkan. Sebagai contoh, buatlah janji dengan diri Anda, bila berhasil menyelesaikan tugas lembur kantor, maka Anda akan nonton film atau membaca buku atau majalah baru yang menyenangkan. 

Trik Unik Agar Anda Tak Lagi Menunda Pekerjaan | Breaktime
Buatlah catatan kecil tentang job desk Anda

Buat orang mengetahui komitmen Anda

Sealin itu, cara paling ampuh untuk menghentikan aksi menunda-nunda adalah membiarkan orang tahu apa yang jadi tugas dan target Anda. Dengan begitu, akan ada orang yang selalu mengontrol Anda untuk melakukan tugas sesuai waktunya. B’timers juga akan jadi lebih terpacu sebab tak ingin malu akibat mangkir dari target karena sikap menunda-nunda.

Siapkah Anda sekarang menjadi pribadi yang lebih santai, tenang, dan tidak terburu-buru karena dikejar banyak pekerjaan? Yap, bila jadi disiplin ternyata bisa bikin Anda punya banyak waktu luang untuk hidup tenang, kenapa tidak dilakukan?

Share This Article