4 Prinsip Seorang Pemimpin yang Memudahkan Atasi Masalah | Breaktime
4 Prinsip Seorang Pemimpin yang Memudahkan Atasi Masalah
29.12.2015

Mari belajar mengasah jiwa pemimpin kita dengan inspirasi dari entrepeneur. Bagi seorang pengusaha, tentu B’timers bisa membayangkan banyaknya masalah yang terjadi. Jungkir balik mengatur strategi pun tak dapat dihindari. Meski demikian, kita juga bisa lho, menghadapi masalah dengan cara jitu seperti para pemimpin yang sukses.

Menghadapi segala tantangan dalam hidup, inilah yang bisa Anda lakukan:

Berpikir dengan kepala dingin

Seorang pemimpin harus selalu berpikir dengan kepala dingin. Ini berarti larangan untuk panik dalam segala situasi. Sebab, mental tim sangat dipengaruhi oleh pemimpin. Sama halnya dengan kita, yang pertama kali harus dilakukan saat terjadi masalah adalah tenang dan tetap fokus. Ini akan membuat Anda tetap merasa percaya diri dan mampu berpikir jernih.

Bersikap transparan kepada tim

Apapun masalah yang sedang dihadapi, seorang pemimpin harus selalu terbuka dengan timnya. Akan lebih baik menceritakan masalah yang terjadi dengan perlahan dan jelas, dan menghadapinya bersama-sama. Anda bisa meniru ini, terus teranglah kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. Mintalah bantuan, saran dan solusi dari mereka yang sudah memiliki lebih banyak pengalaman.

4 Prinsip Seorang Pemimpin yang Memudahkan Atasi Masalah | Breaktime
Bersikap tenang adalah kunci dalam mengatasi masalah

Buat visi yang jelas dan menginspirasi

Seorang pemimpin yang baik selalu membuat rencana dengan jelas, lalu menjalankan strategi bersama tim untuk mencapai tujuan tersebut. Jika Anda menghadapi sebuah masalah, dengan pikiran jernih putuskan apa yang harus dilakukan, gambarkan dengan jelas di kepala Anda. Ini akan membuat Anda mampu memecahkan masalah dengan lebih tertata.

Segera berubah dari reaktif jadi proaktif

Saat menghadapi masalah, saat itulah seorang pemimpin dituntut untuk bertindak cepat dan tepat. Bersikap reaktif memang perlu, namun menjadi proaktif jauh lebih penting. Karena itulah, saat terjadi masalah, sebaiknya jangan berlama-lama larut di dalamnya. Namun, bangkitlah dengan penuh optimisme dan sikap yang positif.

Nah, itulah sikap yang bisa Anda contoh dari para pemimpin sukses dalam menghadapi masalah. Memang tidak mudah, namun B’timers bisa tetap tenang dan selalu optimis melihat masa depan, itu akan membuat masalah lebih mudah untuk diselesaikan. (md)

Share This Article