Taukah Anda Ternyata Bersedekah Memperpanjang Umur Loh! | Breaktime
4 Manfaat Bersedekah Ini Bisa Sehatkan Mental Kita, Lho!
14.07.2015

Bukankah rasanya menyenangkan jika kita bisa berbagi dengan sesama? Ya, bersedekah itu tak hanya membuat orang yang diberi bahagia, namun kita yang memberi juga ikut bahagia, B’timers. Apalagi, kita jadi semakin sadar bahwa masih banyak orang yang lebih membutuhkan daripada kita. Nah, bersedekah rupanya juga membuat mental kita makin sehat! How it works?

Membantu mengurangi stres

Menyimpan uang rapat-rapat mungkin baik untuk dompet, tetapi tidak untuk kesehatan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Queensland University of Technology yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa sifat tamak dapat meningkatkan stres. Karenanya, memberikan sebagian harta kita pada yang lebih membutuhkan justru bisa meringankan beban pikiran.

Dapat memperpanjang umur

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013, ditemukan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stress. Maka dari itu, sedekah termasuk salah satu aksi “membantu” orang lain yang juga bisa membuat kita panjang umur.

Bersedekah dapat membuat kita ikut bahagia dan panjang umur
Bersedekah dapat membuat kita ikut bahagia dan panjang umur

Membuat suasana hati jadi baik

Memberikan uang dapat terasa sama baiknya dengan menerima uang, demikian kesimpulan dari sebuah studi dalam Science pada 2007. Saat kita dengan sukarela memberikan atau menyumbangkan uang kita, pusat saraf untuk perasaan senang yang ada di otak akan menyala dan ini akan mem-boost mood kita sehingga kita merasakan bahagia.

Membuat kita merasa bersyukur

Saat kita bisa memberi dan membantu orang lain, ada perasaan bersyukur yang kita rasakan. Dan, perasaan inilah yang menuntun kita pada kebahagiaan, kesehatan dan ikatan sosial dengan orang lain. Jika kita selalu menghitung rasa syukur kita atas semua kebaikan yang kita dapat ataupun berikan, kita akan lebih optimis dan semakin mencintai hidup.

Nah, tak hanya baik untuk mental kita, namun memberi dengan bersedekah juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Memberi dan membantu orang lain ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah, lho. Jadi, tunggu apa lagi? Berikanlah sebagian uang B’timers kepada yang lebih membutuhkan dan berbahagialah!

Share This Article