Kalimat untuk Jalin Komunikasi Terbaik di Kantor | Breaktime
4 Kalimat untuk Jalin Komunikasi Terbaik di Kantor
21.03.2016

Lingkungan kerja sebenarnya adalah lingkungan yang paling rawan terjadi permusuhan. Suasana kompetitif jika tidak diimbangi dengan attitude yang baik tentu akan menimbulkan perselihan. Nah, salah satu cara meningkatkan hubungan kerja yang baik meski dalam persaingan adalah dengan berhati-hati dalam berkata. Berikut adalah 5 kalimat yang sering digunakan ahli komunikasi dalam meningkatkan hubungan terbaik di tempat kerja.

“Apakah Anda pernah berada di situasi di mana strategi Anda berhasil?”

Menurut ahli komunikasi, kalimat ini sepuluh ribu lebih baik daripada kalimat “Tidak, saya benar-benar berpikir bahwa strategi ini tidak akan berhasil”. Seorang ahli komunikasi yang baik tentunya dia tahu bahwa dia harus menunjukkan keterbukaan terhadap ide-ide baru. Kalimat ini bermaksud untuk meminta rincian dari pengalaman masa lalu. Ini jugamenunjukkan bahwa Anda ingin membangun sebuah tim dan membuat keputusan bersama tanpa merusak kepercayaan atau moral.

Kalimat untuk Jalin Komunikasi Terbaik di Kantor | Breaktime
Jangan mengucapkan kalimat yang terkesan meragukan

“Ceritakan lebih banyak, itu tadi sangat menarik!”

Jika Anda mengatakan ini, itu menunjukkan kesediaan Anda untuk mendengarkan. Ingat, mendengar adalah salah satu pilar dari komunikasi yang efektif. Sebaliknya, jika Anda memilih untuk mengatakan "Jika Anda tidak yakin, biarkan saya mengatakan apa yang ada di pikiran saya”, itu akan menunjukkan bahwa Anda seolah memiliki ide yang lebih banyak dan bagus. Tentu saja itu akan membuat rekan kerja Anda berpikir Anda terlalu mendominasi sehingga membuat yang lain merasa miskin gagasan.

“Masalah apa yang sedang Anda alami?”

Saat Anda mengetahui rekan kerja sedang dalam performa yang kurang baik, kalimat ini merupakan yang paling tepat untuk diucapkan. Jangan sesekali mengatakan kalimat yang seolah memaksanya melakukan yang terbaik seperti “Sudah dekat deadline, kamu harus bekerja keras”. Jadi, akan jauh lebih baik jika Anda menawarkan solusi atau membantu untuk mencari tahu apa masalah sebenarnya. Memberi dan menawarkan saran adalah cara yang bagus untuk membangun jembatan yang kokoh dalam berkomunikasi.

“Ini adalah poin penting yang harus Anda sampaikan saat presentasi”

Kalimat kritis seperti “Saya kecewa dengan presentasi Anda yang berjalan buruk,” sering sekali dilontarkan. Padahal, kalimat tersebut justru akan menimbulkan kebencian dan memicu hubungan kerja yang buruk. Akan lebih baik jika menyampaikan gagasan yang bisa mendukung performanya tanpa berniat menggurui.

Kalimat untuk Jalin Komunikasi Terbaik di Kantor | Breaktime
Mengarahkan lebih baik daripada memarahi

Komunikator yang baik tahu bahwa menjaga emosi dan opini jauh lebih efektif. Jika memang ada yang harus dikritik, ia akan memulai dengan memberi pujian kemudian dengan lembut menunjukkan hal-hal yang perlu diperbaiki di tahap selanjutnya. Selain membentuk kerjasama yang baik, tindakan tersebut tentunya juga akan membuat kinerja rekan Anda meningkat karena kedekatan emosional terjalin dengan baik.

Nah, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam meningkatkan hubungan baik dengan rekan kerja ya, B’timers. Selamat beraktivitas! (nap) 

Share This Article