4 Jurus Ampuh Enyahkan Stres Berkepanjangan | Breaktime
4 Jurus Ampuh Enyahkan Stres Berkepanjangan, Apa saja?
02.02.2016

Bicara soal stres memang tidak ada habisnya. Stres adalah penyakit umum yang tidak mungkin tidak menyerang manusia hidup meskipun hanya sekali. Meski demikian, bukan berarti stres tidak bisa disingkirkan. Tetap ada jurus ampuh enyahkan stres yang mengganggu diri Anda.

Yang perlu Anda tahu, selain mengganggu kesehatan mental stres juga bisa menjadi self-control untuk Anda agar mengambil beberapa liburan dan mengistirahatkan diri dari masalah-masalah berat. Namun, bagaimana jika stres sulit dihilangkan dan justru terjadi dalam jangka waktu yang berkepanjangan? Apa saja yang harus dilakukan untuk mengusir tekanan yang menyiksa?

Kontrol diri sendiri

Stres biasanya tergantung pada pola  dan siklus hidup yang Anda jalani. Jika stres yang Anda rasakan terasa lama dan tidak kunjung hilang, yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengontrol diri sendiri. Cari tahu apakah ada yang salah dengan cara Anda mengatur pola dan gaya hidup. Pelajari juga bagaimana Anda menjali keseharian dan cara Anda menghadapi masalah.

4 Jurus Ampuh Enyahkan Stres Berkepanjangan | Breaktime
Perbaiki gaya hidup Anda

Cari tahu apa penyebab stres

Sebelum masa penyembuhan, Anda harus tahu dulu akar penyebab terjadinya stres secara spesifik. Apa yang memicu tekanan datang hingga kepala Anda terasa berat dan pundak kaku. Anda harus menenangkan diri bagaimanapun caranya sebelum memberantas akar tersebut. Jika mengatasi masalah terasa sukar, menjauh adalah cara yang terbaik. Istirahatlah agar kepala dan perasaab Anda lebih dingin.

Jangan takut berkatma “tidak”

Ketika stres dirasa sudah merajalela dan hampir membuat Anda gila, jangan ragu untuk menolak ketika Anda ditunjuk mengatasi tugas atau proyek. Apalagi jika proyek tersebut dianggap berat. Ingatlah bahwa Anda sedang dalam masa mengusir stres. Jadi, sebisa mungkin jauhi hal-hal yang memicu stres. Beri ruang untuk diri sendiri agar lebih rileks dan terbebas dari beban berat.

4 Jurus Ampuh Enyahkan Stres Berkepanjangan | Breaktime
Hindari hal-hal yang memicu stres

Hindari menunda-nunda

Menunda-nunda pekerjaan tidak akan membuatnya lancar saat dikerjakan menjelang deadline. Hal itu justru akan membuat Anda terburu-buru yang akhirnya mengakibatkan datangnya stres. Nah, salah satu jurus ampih enyahkan stres adalah dengan sebisa mungkin cobalah untu menyelesaikan pekerjaan saat itu juga. Dengan demikian, stres berepanjangan yang Anda rasakan perlahan akan memudar dan sesuai ritme.

Meskipun demikian, jurus ampuh enyahkan stres yang paling penting adalah bagaimana Anda menjaga kesehatan. Perbaiki pola hidup yang Anda jalani. Jangan lupa menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup sesibuk dan seberat apapun pekerjaan yang Anda miliki. (nap)

Share This Article