Sering Mengigau saat Tidur? Ini Penjelasan Lengkapnya | Breaktime
4 Alasan Kenapa Anda Bisa Mengigau saat Tidur
18.08.2015

B’timers pasti pernah kan, mengigau saat tidur? Tapi pernahkah Anda tahu apa penyebabnya? Mengigau sebenarnya merupakan gangguan tidur yang cukup serius karena bisa mendatangkan efek buruk untuk kesehatan, misalnya memicu terjadinya penyakit sleep apnea dan gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement). Saat mengigau, otak memberikan tanggapan secara acak atas apa yang sedang dipikirkan atau terlontar di alam bawah sadar.

Lalu apa saja yang menyebabkan Anda mengigau? Simak informasi dari Breaktime berikut ini:

1. Demam tinggi dan gangguan mental

Meski bersifat sementara, demam juga bisa menyebabkan seseorang mengigau
Meski bersifat sementara, demam juga bisa menyebabkan seseorang mengigau

Saat terserang demam tinggi, otak akan kesulitan mengatur kinerjanya sehingga Anda akan lebih mudah mengigau. Selain itu, penyakit lainnya seperti gangguan mental kepribadian ganda juga membuat seseorang mengigau. Saat pengidap gangguan mental tertidur, otak akan memutar kenangan buruk dan tidak jarang mereka meresponnya dengan berbicara dalam kondisi tidur.

2. Stres berat

Ketika seseorang mendapatkan tekanan berlebih dari kegiatan sehari-harinya, ia cenderung memikirkannya terus dan pada akhirnya terbawa ke alam bawah sadar. Saat tidur dan tak bisa mengontrol alam bawah sadar, pikiran-pikiran ini akan muncul membuat Anda mengigau.

3. Depresi

Depresi selain berimbas pada kualitas tidur juga akan mempengaruhi mood
Depresi selain berimbas pada kualitas tidur juga akan mempengaruhi mood

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, depresi juga menyebabkan seseorang mengigau hingga terbangun dari tidurnya. Hal ini tentu mengganggu waktu istirahat dan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

5. Kafein dan alkohol

Alkohol membuat seseorang kehilangan kesadarannya
Alkohol membuat seseorang kehilangan kesadarannya

Minuman beralkohol bisa membuat seseorang kehilangan kontrol terhadap apa yang sedang ia pikirkan. Ketika seseorang dalam kondisi mabuk, yang mengambil kontrol adalah otak pengatur emosi. Inilah mengapa orang yang sering mabuk lebih mudah mengigau saat tidur.

Kalau kebiasaan mengigau Anda sudah dalam tahap ekstrem, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter ahli ya, B’timers. Jangan sampai hal ini menggaggu kesehatan dan aktivitas Anda di keesokan harinya.

Share This Article