3 Tanda Anak Memiliki Kemampuan Pitch Perfect | BREAKTIME
3 Tanda Anak Memiliki Kemampuan Pitch Perfect
09.03.2015


“Some people have lives; some people have music.” 
- John Green-

B’timers yang akrab dengan dunia musik pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Pitch perfect adalah sebuah keahlian khusus yang berkaitan erat dengan fungsi pendengaran, di mana seseorang bisa mengenali atau mengklasifikasikan sebuah nada dengan tepat meski ia tidak pernah belajar musik sebelumnya. 

Kemampuan ini biasanya sudah terlihat sejak seseorang masih dalam usia muda. Jika segera dikenali dan dipupuk dengan latihan serta pembelajaran yang tepat, tentu akan berkembang menjadi sebuah bakat yang luar biasa. Nah, Breaktime akan membagikan beberapa tanda adanya kemampuan pitch perfect pada seseorang, siapa tahu buah hati Anda memiliki keistimewaan ini!

Gampang membedakan nada

Menyanyikan sebuah lagu merupakan hal yang sederhana bagi orang dewasa. Namun untuk anak-anak, hal ini tidaklah mudah karena kemampuan otaknya yang masih terbatas. Istimewanya, seorang anak yang memiliki pitch perfect bisa dengan mudah membedakan nada sehingga lebih gampang untuknya mengingat musik pada sebuah lagu. 

Tak hanya itu saja, bahkan anak yang memiliki bakat istimewa ini juga bisa dengan mudahnya membedakan sebuah nada pada berbagai alat musik serta suara-suara yang berada di lingkungan sekitar contohnya saja mesin kendaraan, klakson mobil, atau bel pintu rumah. 

Bisa mengenali nada sumbang

Anak dengan kemampuan pitch perfect bisa mengenali satu nada yang sumbang meskipun ada begitu banyak alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Hal ini akan menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi anak yang memiliki pitch perfect. Sebab, bisa jadi ia akan merasa kesulitan untuk menikmati sebuah lagu. Namun jika dilatih dengan baik, hal ini bisa sangat berguna terutama dalam hal yang berhubungan dengan latihan bermusik. 

Bisa mendengar nada dalam pikiran

B’timers mungkin pernah ‘memainkan’ nada dalam pikiran. Tapi, biasanya nada yang dimainkan berasal dari sebuah lagu yang sudah tercipta, misalnya saja lagu favorit Anda. Istimewanya, anak dengan kemampuan pitch perfect bisa ‘menciptakan’ sebuah irama di dalam pikirannya dan tak akan kesulitan saat disuruh memainkannya menggunakan alat musik.

Memiliki buah hati dengan kemampuan pitch perfect tentunya sangat membanggakan. Namun ingat B’timers, jangan pernah memaksakannya untuk mempelajari hal tertentu yang berbeda dengan kesukaannya!

Share This Article