3 Penggambaran Kepribadian Manusia ini Wajib Tau | Breaktime
3 Penggambaran Kepribadian Manusia, Yang Wajib B'timers Tau!
01.01.2016

Percayakah Anda dengan tipe kepribadian manusia? Menurut Menurut seorang psikolog dari Swiss, Carl Jung, manusia dibagi menjadi 3 kepribadian yaitu Introvert, Ambivert, dan Ekstovert. Sebenarnya hanya dua kepribadian saja penggolongan yang umum adanya, karena Ambivert adalah golongan tengah yang jarang sekali ditemui.

Setiap kepribadian yang digolongkan oleh Carl Jung memiliki keistimewaannya masing-masing. Setiap elemennya memiliki peranan penting di lingkaran masyarakat. Berikut masing-masing kepribadian tersebut :

1. Introvert

3 Penggambaran Kepribadian Manusia ini Wajib Tau | Breaktime
Pendiam dan suka membaca buku adalah ciri khas Introvert

Pribadi yang pendiam, suka berpikir, dan menganalisa secara detail adalah salah satu ciri paling nampak dari pribadi intovert. Mereka adalah tipe orang yang lebih suka berpikir sebelum bertindak. Kekurangan dari tipe ini adalah sulitnya berinteraksi dengan dunia luar, jadi kebanyakan introvert memiliki teman yang sedikit.
Introvert juga terkenal sebagai pendengar yang baik dan kebanyakan aksinya sudah diperhitungkan dengan baik. Akan tetapi, terkadang pribadi introvert tertutup dan kurang keberanian saat melakukan tindakan.

2. Ekstrovert

3 Penggambaran Kepribadian Manusia ini Wajib Tau | Breaktime
Pencari keramaian dan sosialis adalah tipe ekstrovert

Sosialis, penyuka keramaian, selalu bertenaga, dan percaya diri adalah penggambaran dari tipe yang satu ini. Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan bertambah energinya saat berkomunikasi dengan rekan-rekannya. Tipe ini tidak tahan dengan kesendirian dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap di jalur keramaian.
Seseorang dengan tipe ini sulit untuk mengatur ambisinya karena mereka cenderung bertindak terlebih dahulu tanpa berpikir. Karena melalui proses pertaruhan yang besar, cukup banyak tipe ekstrovert yang dipercaya. Namun, ekstrovert adalah pemberi saran yang baik saat Anda berkonsultasi dengan tipe ini.

3. Ambivert

3 Penggambaran Kepribadian Manusia ini Wajib Tau | Breaktime
Sulit digambarkan adalah salah satu ciri dari Ambivert

Penyuka keramaian namun tidak nyaman saat terlalu ramai, kadang merasa lelah dan canggung meskipun ada banyak teman disampingnya adalah contoh sikap yang ada pada tipe ini. Ambivert adalah perpaduan antara kepribadian introvert dan ekstovert. Kelebihan dan kekurangan yang ada pada dua jenis kepribadian terdapat pada tipe ini.
Namun, karena menggabungkan kedua jenis kepribadian tipe ini sering kali mengalami kesulitan. Tipe ini termasuk tipe orang yang moody dan gampang tersinggung B'timers. Emosinya sering berganti-ganti sehingga mereka digambarkan seperti sebuah gunung yang hendak meletus.
Itulah penggambaran ketiga kepribadian manusia beserta kelebihan dan kekurangannya. Setelah membaca ini, manakah tipe kepribadian Anda B'timers? | WSU

Share This Article