3 Jenis Lagu Ini Mempengaruhi Pola Nyetir Kamu | Breaktime
3 Jenis Lagu Ini Mempengaruhi Pola Nyetir Kamu
05.02.2018

Biasanya ada 2 tipe orang mendengarkan musik up beat saat mereka mengendarai mobil. Pertama, saat mereka berada di dalam mobil bareng teman-teman. Seru dan perjalanan jadi benar-benar mengasyikkan. Ke dua saat mereka sendirian mengendarai mobil. Hal ini dilakukan biar nggak mati gaya, bosen bahkan ngantuk saat sendirian di mobil. Tapi harap waspada, nih guys. Ternyata ada penelitian yang cukup mencengangkan tentang hal di atas. Penasaran? Baca baik-baik, ya.

Musik yang didengarkan di dalam mobil akan memberikan pengaruh terhadap pola mengemudi kamu. Menurut berbagai penelitian yang udah dilakukan di Inggris dan Amerika, mendengarkan musik saat mengemudi memang akan meningkatkan dampak dan risiko yang lebih tinggi saat berkendara. Karena tugas utama seorang pengemudi adalah mengemudikan kendaraannya dengan baik. Wah, kok bisa gitu ya? Nih, jenis-jenis lagu yang berbahaya didengarkan saat mengemudi.

1. Musik yang Mengandung Melodi dan Lirik Galau

Mendengarkan musik galau cenderung membuat pendengarnya menghayati musik terlalu dalam. Baik disadari atau tidak, musik akan cenderung jadi sedih yang berlebihan. Apalagi kalau kamu dengerinnya sendiri sambil nyetir mobil. Wah, bisa dibayangkan bahayanya, kan?

2. Musik Agresif

Lain galau, lain agresif. Lain sedih, lain bergembira. Musik-musik keras, seperti rock, metal atau up beat yang berlebihan dapat membawa pengemudi cenderung menyetir dengan pola agresif pula. Jadi tidak sabar dan jadi hobi menyalip kendaraan di depannya. Bahayanya lagi, ketika emosi kamu tidak stabil dan kamu nggak bisa menguasainya, kamu bisa salah prediksi jarak antar kendaraan, sudut berputar,dan masih banyak lagi.

3. Musik Instrumental dan Beraliran Jazz

Nah, musik yang mengusung tema jazz dan instrumental cenderung aman didengarkan saat berkendara. Loh, kok bisa? Yap, tempo untuk mendengarkan lagu ini dirasa cukup menengakan pengemudinya. Menurut penelitian, musik instrumen yang tak bervokal dan berlirik, serta musik jazz yang easy listening dapat membuat pengemudi nyaman untuk mendengarkan tanpa memecah konsentrasi menyetir mereka.

Sekarang bijak-bijak, deh kamu mendengarkan lagu saat menyetir. Asal nggak berlebihan, sih harusnya ya aman-aman aja. Dengarkan musik secara berganti-gantian tapi jangan sampai memecah konsentrasi. Ingat keselamatan berkendara itu yang paling penting! Gampangnya, sering aja mikir, bahwa ada calon mertua yang lagi nungguin kamu bawa martabak ke rumahnya, loh :)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE