Hal Ini Memicu Kerja Lebih Efektif dan Produktif | Breaktime
3 Hal Ini Memicu Kerja Jadi Lebih Efektif dan Produktif
08.12.2015

Pernahkah B’timers duduk kembali di kursi saat akan pulang kerja, terdiam dan merasa lelah, menyadari seharian tadi sebenarnya tak banyak pekerjaan yang telah diselesaikan? Mungkin Anda sudah berusaha keras menyelesaikan semua pekerjaan, mulai dari menelepon dan mengirim email pada klien, sampai memasarkan produk perusahaan lewat media sosial.

Tetapi, to-do list Anda untuk esok hari justru semakin panjang, Anda pun bingung bagaimana menyelesaikannya. Itulah mengapa, sibuk bekerja seharian sebenarnya tak serta-merta membuat semua pekerjaan terselesaikan. Kuncinya adalah bekerja seefektif mungkin, sesingkat dan sepanjang apapun waktu yang Anda punya.

Nah, untuk melakukan itu, berikut tips dari Breaktime untuk Anda:

Mengerjakan dengan cara yang paling sederhana

Tak peduli seberapa banyak pekerjaan Anda, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memilah pekerjaan tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang bisa diselesaikan satu per satu, secara urut. Ini akan memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih santai dan bahkan membutuhkan waktu yang lebih singkat. Anda pun bisa mengerjakan lebih banyak tugas dan menyelesaikannya dengan lebih tepat waktu.

Hal Ini Memicu Kerja Lebih Efektif dan Produktif | Breaktime
Bekerja dengan efektif dapat menjadikan Anda lebih produktif

Menyelesaikan pekerjaan sulit terlebih dahulu

Tentu selalu ada tugas yang paling sulit hingga yang paling mudah untuk dikerjakan. Nah, tak perlu bingung. Utamakan menyelesaikan pekerjaan paling sulit terlebih dahulu, akan lebih baik jika Anda langsung mengerjakannya di pagi hari setelah tiba di kantor. Mungkin terasa menyebalkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak Anda suka pagi-pagi sekali, namun setelah ini selesai, pekerjaan lain yang Anda suka akan terasa lebih ringan untuk dikerjakan.

Matikan email kantor dan hindarkan smartphone

Mungkin Anda harus menjaga relasi dengan para klien, terutama lewat email. Atau Anda tak bisa meninggalkan media sosial Anda meski hanya sejenak. Namun, akan lebih baik jika di pagi hari hindari itu semua dan langsung fokus pada pekerjaan Anda terlebih dahulu. Anda akan terkejut dengan berapa banyak pekerjaan yang bisa selesai. Mengecek email dan media sosial paling baik dilakukan antara jam 10 pagi dan 2 siang, serta saat akan pulang kantor.

Sebenarnya, apapun pekerjaan yang harus Anda selesaikan, Anda bisa menyelesaikannya dengan cara yang paling efektif dan efisien. Cobalah cara-cara di atas dan B’timers bisa merasakan kepuasan kerja yang lebih maksimal karena pengelolaan waktu yang baik. (md)

Share This Article