Langkah Mencerdaskan Janin saat Berada dalam Kandungan | Breaktime
3 Hal Ini Bisa Cerdaskan Janin selama Masa Kehamilan
16.08.2015

Anak yang cerdas adalah harapan semua orang tua. Kecerdasan anak, bisa dibentuk sejak ia masih berada dalam kandungan. dr Sudjatmiko, MD SpA, dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran UI, mengatakan bahwa kecerdasan janin bisa dirangsang oleh sang ibu melalui 3 aspek berikut:

Kasih sayang

Kasih sayang yang dimaksud di sini adalah menerima kehadiran janin dengan ikhlas dan tidak terpaksa. Jika ibu merasa terpaksa, terganggu, atau terbebani akan kehamilannya, pertumbuhan bayi pun tidak akan optimal.

Selain dari pihak ibu, dukungan suami atas kehamilan tersebut juga sangatlah penting dalam mempengaruhi kecerdasan janin. Tanpa dukungan suami, perkembangan dan rangsangan kecerdasan bayi akan tak wajar.

Biomedis

Dalam hal ini, dr Sudjatmiko menganjurkan agar sang ibu tidak meminum obat-obatan tanpa anjuran dokter. Saat ini banyak beredar obat-obatan yang di klaim dapat mencerdaskan janin, padahal sebenarnya tidak memiliki fungsi apapun terhadap kecerdasan janin.

Rangsangan

Alunan musik akan membuat janin berkonsentrasi
Alunan musik akan membuat janin berkonsentrasi

Rangsangan bisa mulai dilakukan ketika usia kehamilan diatas enam bulan, karena jaringan struktur otak bayi sudah mulai berfungsi. Perhatian dan perasaan ibu juga dapat merangsang janin. Ibu yang selalu merasa gembira akan membuat janin nyaman. Sedangkan jika ibu gelisah secara tidak langsung janin pun akan ikut gelisah. Hal ini dipengaruhi zat-zat transmitter yang mengalir dalam darah.

Baca Juga : SELAMA MASA KEHAMILAN, HINDARI 6 HAL INI!

Selain ketiga hal tersebut, menjaga makanan yang Anda konsumsi juga memberi dampak pada pertumbuhan janin. Upayakan untuk menghindari junk food serta makanan tidak sehat lainnya. B’timers bisa memperbanyak makan buah, sayur, ikan, serta makanan dengan karbohidrat kompleks.

Share This Article