Jaga Hidup dari Aura Buruk dan Situasi Negatif | Breaktime
3 Cara Menjaga Hidup dari Aura Buruk dan Situasi Negatif
08.02.2016

B’timers, hidup memang penuh banyak misteri. Kadang seseorang dengan gagahnya berada  di masa-masa keemasan namun tak lama kemudian terbanting dan terpuruk di situasi buruk. Semua itu sudah menjadi hukum alam bahwa kehidupan manusia selalu dinamis. Seperti layaknya roda yang selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah.
Namun, bukan berarti Anda harus menerima begitu saja saat sutuasi buruk menimpa Anda. Anda harus ingat bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling baik dalam menyelesaikan masalah. Nah, berikut ini 3 cara pokok yang perlu Anda lakukan untuk meminimalisir situasi tidak baik dan terhindar dari aura negatif.

Carilah apa yang membuat Anda bahagia

Kebahagiaan adalah satu hal paling penting untuk menghindarkan Anda dari aura negatif. Nah, cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan adalah dengan mengenal apa passion Anda. Tulis di dream book apa saja hal yang membuat Anda bahagia, apa yang Anda suka dan tidak suka tentang diri sendiri dan kejadian terbaik serta terburuk apa yang pernah Anda rasakan.
Setelah terjawab, pilih lagi passion atau hal-hal yang paling bisa membuat Anda bahagia. Lalu, prioritaskan pilihan tersebut. Andalkan kemampuan dan kepercayaan diri Anda untuk meraihnya. Melakukan sesuatu yang disukai dan sesuai hasrat akan membuat Anda bahagia, bukan?

Jaga Hidup dari Aura Buruk dan Situasi Negatif | Breaktime
Buat daftar hal yang membuat bahagia

Evaluasi apa yang perlu untuk diperbaiki

Dari catatan tersebut, pikirkan lagi dan cobalah untuk flashback pada masa sebelumnya. Namun, jangan buru-buru dalam menilai dan mengevaluasi. Anda harus berhati-hati dalam me-review apa yang pernah membuat Anda gagal, apa yang tidak Anda sukai dari diri Anda dan kejadian apa yang membuat Anda dalam situasi terburuk.
Dengan dasar itu, Anda akan merasa lebih mudah dalam mengatur langkah agar hal-hal tersebut tidak terulang. Pelan-pelan ubahlah apa yang perlu diubah dalam hidup Anda agar terselamtkan dari perkara negatif seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Tanyakan juga pada diri Anda sendiri dan jujurlah apa yang sebenarnya Anda lakukan saat itu.

Jaga Hidup dari Aura Buruk dan Situasi Negatif | Breaktime
Hati-hati dalam melakukan flashback

Lakukan perubahan yang sehat

Untuk membuat hidup Anda lebih baik dan terhindar dari aura negatif, Anda harus mengubah yang buruk menjadi baik secara sehat. Nah, Anda sadari atau tidak, daftar hal yang membuat Anda bahagia dan evaluasi hidup tadi sangat membantu Anda dalam melakukan perubahan dengan cara yang baik.
Beberapa hal yang bisa membantu Anda berubah dengan benar adalah aware terhadap kesehatan tubuh, mengunjungi psikolog untuk konsultasi, meningkatkan tingkah laku yang baik, menjaga bicara dan berpikir positif. Berkumpul dengan orang-orang yang Anda anggap baik tentu sangat mendukung niat Anda menuju hidup yang lebih positif dan mengurangi risiko buruk saat roda kehidupan Anda sedang menuju bawah. Jadi, tetap berjuang ya! (nap)

Share This Article