15 Jenis Phobia Aneh yang Jarang Didengar Orang | Breaktime
15 Jenis Phobia Aneh yang Jarang Didengar Orang
10.06.2015

Semua orang di seluruh dunia dan B’timers juga termasuk di dalamnya, pasti memiliki rasa takut, karena sifat satu itu sudah menjadi satu paket di dalam manusia. Akan tetapi, rasa dan level takut dari setiap orang berbeda-beda. Rasa takut sendiri dibedakan menjadi 2 macam, yaitu rasa takut alami seperti yang dimiliki manusia pada umumnya dan juga apa yang dinamakan phobia.

Phobia sendiri dibagi atas banyak jenis, mulai dari yang umum seperti phobia ketinggian, phobia ruang gelap sampai dengan phobia akan warna tertentu. Namun, ada jenis-jenis phobia lain yang terdengar dan dirasa aneh, karena memang tidak lazim. Seperti apa phobia-phobia tersebut? Berikut Breaktime merangkumnya untuk B’timers:

Stasibasiphobia

Stasibasiphobia adalah ketakutan untuk melakukan apapun dalam kehidupan. Seseorang yang mengalami stasibasiphobia, maka dia akan mengalami ketakutan ketika ada orang lain di dekatnya.

Social Phobia

Penderita social phobia akan selalu gelisah dan gugup ketika berada di keramaian
Penderita social phobia akan selalu gelisah dan gugup ketika berada di keramaian

Social Phobia adalah ketakutan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Mayoritas penderita dari social phobia akan mengisolasikan diri dari masyarakat sosial. Dia juga memiliki masalah ketika harus berada di tengah banyak orang atau ketika harus berbicara panjang lebar di hadapan khalayak ramai.

Domatophobia

Domatophobia adalah ketakutan untuk berada atau tinggal di dalam rumah. Rata-rata pengidap phobia satu ini akan lebih suka hidup dan menetap di gua atau tempat yang tidak lazim, contohnya kandang ayam!

Nyctophobia dan photohobia

Nyctophobia dan photohobia adalah dua jenis phobia yang berkaitan dengan cahaya. Apabila nyctophobia adalah ketakutan terhadap kegelapan malam, photohobia adalah kebalikannya yaitu takut akan cahaya yang terang.

Urophobia

Urophobia adalah jenis phobia yang dapat mengakibatkan penyakit. Disebut begitu karena penderitanya memiliki ketakutan untuk buang air kecil. Seseorang yang menderita phobia jenis ini akan mencari cara lain untuk melepaskan hasrat alaminya tersebut, contohnya melalui bantuan medis.

Phagophobia

Phagophobia adalah ketakutan seseorang untuk makan. Rata-rata penderita phobia ini akan lebih nyaman mendapatkan asupan makanan dan gizi dengan menggunakan infus.

Somniphobia

Phobia satu ini tergolong jenis ketakutan yang berbahaya bagi diri penderitanya
Phobia satu ini tergolong jenis ketakutan yang berbahaya bagi diri penderitanya

Somniphobia adalah ketakutan seseorang untuk memejamkan mata alias tidur. Phobia satu ini tergolong berbahaya karena dengan tidak mau tidur, maka kesehatan akan terganggu dan tubuh pun tak memperoleh kesempatan untuk memulihkan energi.

Lalophobia

Lalophobia adalah jenis ketakutan yang tergolong aneh. Seseorang penderita lalophobia akan takut untuk berbicara. Rata-rata penderita phobia satu ini akan kesulitan untuk berada di tengah-tengah masyarakat atau orang banyak.

Vestiphobia

Vestiphobia adalah ketakutan seseorang untuk mengenakan pakaian. Pada umumnya, orang-orang yang mengidap phobia satu ini akan lebih suka mengenakan pakaian yang super longgar atau juga bahkan tidak mengenakannya sama sekali alias telanjang.

Venustraphobia

Venustraphobia adalah jenis ketakutan akan wanita cantik. Memang terkesan aneh, namun seseorang yang memiliki phobia jenis ini akan merasa takut, cemas, gelisah bahkan depresi apabila berada di dekat seorang wanita yang cantik.

Pogonophobia

Pogonophobia adalah jenis ketakutan yang muncul karena melihat jenggot. Penyebabnya adalah sang penderita mempunyai pemikiran negatif bahwa jenggot adalah sesuatu yang acak-acakan dan tidak higienis.

Soceraphonia

Soceraphonia merupakan ketakutan yang konstan dan rasa cemas yang timbul saat bertemu mertua. Kabarnya salah satu vokalis band terkenal, Bon Jovi juga mengidap phobia satu ini.

Eisoptrophobia

Penderita phobia satu ini juga memiliki ketakutan akan hantu dan dunia gaib
Penderita phobia satu ini juga memiliki ketakutan akan hantu dan dunia gaib

Eisoptrophobia adalah ketakutan seseorang akan cermin atau juga takut untuk bercermin. Penderita dari phobia satu ini merasa bahwa cermin merupakan jembatan yang dapat mengantarkan seseorang dari dunia nyata ke dunia gaib sebaliknya.

Anemophobia

Anemophobia adalah jenis phobia yang sangat membahayakan dan mematikan. Bagaimana tidak, phobia ini adalah rasa ketakutan akan udara dan sebagai manusia normal, udara adalah sumber kehidupan yang dibutuhkan setiap detik, menit, jam, hari, minggu atau kapanpun selama dia masih hidup.

Baca Juga: Triskaidekaphobia: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagaiman B’timers, adakah dari salah satu jenis phobia di atas yang Anda miliki?

Share This Article