10 Rasa Takut yang Bantu Anda Bertahan Hidup
10 Rasa Takut yang Bantu Anda Bertahan Hidup
01.06.2016

Dalam hidup, manusia tidak akan bisa menghindari rasa takut dan khawatir. Namun itu wajar. Ketakutan adalah bagian dari cara Tuhan menguji kekuatan Anda. Justru, jika Anda bisa memanfaatkan rasa takut dengan baik, Anda bisa menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Dan, inilah 10 ketakutan yang bisa membuat Anda bertahan hidup. Semoga bermanfaat!

Takut ditolak

Wajar jika seseorang takut ditolak. Namun, manfaat positif dari rasa takut mendapat penolakan akan membuat Anda melakukan yang terbaik agar tidak ditolak, kan?

Takut gagal

Kegagalan awal dari sukses yang besar. Ini tidak bohong, kok. Asal Anda menghadapi ketakutan Anda dengan kerja keras meski gagal. Mencoba dan mencoba lagi hingga sukses hadir di depan mata.

Gagal adalah pertanda sukses besar
Gagal adalah pertanda sukses besar

Takut digantung

Ketidakpastian memang menakutkan. Karena tak mau digantung, akhirnya Anda akan mencoba hal baru yang memungkinkan Anda berbeda. Well, mencoba hal baru adalah salah satu cara terbaik bertahan dalam hidup.

Takut kesepian

Apakah Anda akan tinggal diam saat Anda kesepian? Tidak kan, B’timers? Yups, rasa takut kesepian inilah yang kemudian mendorong Anda untuk bergerak bersosialisasi. Dengan banyak teman, hidup akan terasa berharga dan penuh makna.

Takut perubahan

Mau tak mau, kita harus mengakui bahwa kita hidup di dunia yang cepat berubah. Namun, banyak orang takut perubahan itu. Namun, takut akan perubahan bisa membantu Anda untuk lebih siap. Well, Anda sudah tahu bahwa semua ini tidak akan selama, ada yang berubah.

Menghentikan efek domino karena Anda sudah siap
Menghentikan efek domino karena Anda sudah siap

Takut kehilangan kebebasan

Semua orang menyukai kebebasan, namun tidak sedikit juga yang memilih hidup di bawah aturan ketat. Well, apapun itu kadang orang-orang masih takut kehilangan kebebasan yang dimiliki. Tapi rasa takut ini akan menolong Anda untuk lebih terkontrol dan mencoba berdamai dengan aturan.

Takut takut dihakimi

Takut dinilai negatif oleh orang lain, dalam beberapa kasus memang bisa membuat Anda tidak berkembang. Namun, ketakutan ini akan merangsang mindset Anda untuk berhati-hati dan melakukan yang terbaik dalam hal apapun agar cap negatif tidak melekat pada diri Anda.

Takut terjadi hal buruk

Hal-hal buruk terjadi dalam hidup. Itu aturan yang tak terelakkan. Namun, justru karena takut terjadi hal buruk inilah Anda akan lebih aware terhadap risiko dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Alhasil, seburuk apapun hal tersebut, semua terlewati karena kesigapan Anda.

Takut tersakiti

Perasaan takut tersakiti membantu Anda untuk tidak mudah percaya dan berharap. Tentu saja ini ada baiknya juga ada buruknya. Namun, dengan demikian Anda lebih aman dari kemungkinan tersakiti baik oleh sahabat, pasangan maupun keluarga.

Takut kekurangan

Takut kekurangan membuat Anda bekerja keras mendapatkan apa yang diinginkan. Sifat tak patah arang ini membantu Anda menjadi pribadi yang gigih dan tak terpatahkan untuk menghindar dari kekurangan dari hal apapun. (nap)

Share This Article