1 Jam Pertama di Kantor Lebih Produktif Caranya! | Breaktime
1 Jam Pertama di Kantor Lebih Produktif? Ini Caranya!
05.04.2016

Anda datang setiap pagi ke kantor. Mengambil secangkir kopi di pantry. Mampir ke ruangan rekan kerja dan menanyakan kabar anaknya. Setelah hampir 30 menit, baru akhirnya Anda kembali, duduk dan membuka email dari komputer. Hmm, Anda merasa jam pertama di kantor sudah cukup produktif, B’timers? Mungkin dengan resep berikut, 1 jam pertama di kantor Anda bisa lebih maksimal.

Sarapan sebelum berangkat

Jangan menunda makan pagi hingga Anda tiba di kantor, B’timers. Dengan duduk di depan komputer dengan makanan dan kopi, akan membuat Anda tergoda untuk surfing blog atau media sosial lain daripada langsung membuka file berkas dari manajer. Cobalah sarapan yang mengandung protein tinggi untuk mengawali hari Anda.

1 Jam Pertama di Kantor Lebih Produktif Caranya! | Breaktime
Makan di jam kerja dapat mengalihkan perhatian dari tugas

Buat to-do list yang benar

Kebanyakan orang menulis to-do list dengan tugas-tugas yang mudah di atas. Padahal menurut Charles Duhigg, penulis Smarter Better Faster: The Secrets of Being Productive in Life and Business, cara seperti itu hanya memudahkan Anda, namun sama sekali tidak meningkatkan produktivitas, B’timers. Karena itu, sebaiknya tulis daftar dengan tugas yang paling penting dulu.

Atur waktu untuk diri sendiri

Manajemen waktu sangat penting untuk menentukan sukses atau tidaknya seseorang, lho. Karena itu jika perlu, paksakan diri untuk tetap duduk tenang di depan meja kerja dan menyelesaikan tugas saat ada keinginan melihat kabar terbaru di internet. Dan jauhkan gadget dari jangkauan dan setel dalam mode silent selama jam kerja, B’timers.

1 Jam Pertama di Kantor Lebih Produktif Caranya! | Breaktime
Gadget bisa sangat mengganggu konsentrasi kerja

Tunda minum kopi!

Secangkir minuman berkafein memang dirasa dapat menjaga energi tetap penuh untuk menyelesaikan tugas penting. Tetapi kemungkinannya setelah efek dari minuman pahit itu habis Anda pun akan kehilangan semangat, lho, B’timers. Karena itu usahakan untuk menunda waktu untuk mengonsumsi kopi di awal jam pertama di kantor, ya?

Pakai headphone dan setel musik

Dengarkan musik menggunakan headphone dapat membantu menghilangkan gangguan, lho, B’timers. Tapi sebaiknya jangan memilih lagu-lagu populer yang Anda suka. Sebaliknya dengan jenis suara seperti kicauan burung, rintik hujan atau white noise akan membantu menjaga konsentrasi Anda. Bahkan Anda bisa memutar playlist dengan pola suara aneh atau binaural beats.

1 Jam Pertama di Kantor Lebih Produktif Caranya! | Breaktime
Musik memang dipercaya dapat meningkatkan produktivitas

Well, memang sedikit sulit untuk masuk ke dalam irama hari dan memulai rutinitas yang membosankan, sih. Namun dengan memikirkan tanggung jawab harian, motivasi Anda akan datang. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk tidak produktif di 1 jam pertama di kantor, ya, B’timers? (NO)

Share This Article