Yuk Ketahui Serba-Serbi Bekas Jerawat! | Breaktime
Yuk Ketahui Serba-Serbi Bekas Jerawat!
24.04.2017

B’Timers, kita semua tahu betapa jerawat sangat mengganggu. Akan tetapi ada satu lagi hal yang paling menyebalkan, yaitu ketika jerawat tersebut menghilang dan digantikan dengan acne scars, alias bekas jerawat. In severe cases, bahkan bekas jerawat dapat membuat wajah terlihat seperti terkena luka parut sehingga mengakibatkan kulit wajah rusak dan mengganggu penampilan dan tak jarang mengakibatkan Anda menjadi minder. Ditambah lagi beberapa jenis bekas jerawat cukup susah untuk dihilangkan. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata bekas jerawat terdiri atas 2 jenis?

Baca juga: INTIP TIPS MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT INI, YUK!

Yap, mungkin selama ini kita hanya mengetahui satu jenis bekas jerawat, dan siapa yang mengira bahwa ternyata bekas jerawat ada lebih dari satu? Jenis jerawat yang paling common dan sering kita temukan adalah jenis bekas jerawat atrophic, atau depressed scarring. Bekas luka ini terbentuk sebagai akibat dari hilangnya jaringan kulit wajah. Athropic scarring dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu bekas luka icepick, yaitu bekas luka jerawat yang memiliki diameter kecil namun masih terlihat jelas dari permukaan kulit wajah. Sedangkan bekas luka boxcar memiliki ukuran yang lebih besar dan pada umumnya berbentuk lingkaran atau oval. Sekilas bekas luka jerawat ini mirip dengan bekas luka dari cacar air.

Sedangkan jenis bekas jerawat yang lain adalah hypertrophic atau keloid scarring. Berbeda dari bekas luka athropic yang disebabkan oleh hilangnya jaringan kulit, hypertrophic scarring diakibatkan oleh pembentukan jaringan keloid yang berlebihan saat kulit berusaha menyembuhkan luka jerawat. Sebagai dampaknya, jaringan keloid tersebut terlihat menonjol pada permukaan kulit.

Yuk Ketahui Serba-Serbi Bekas Jerawat! | Breaktime
Jangan pencet jerawat Anda, B’Timers!

Untungnya, memiliki bekas jerawat yang membandel di wajah Anda is not the end of the world. Saat ini ada banyak facial treatments yang bisa Anda dapatkan untuk memulihkan sekaligus memudarkan bekas jerawat tersebut dengan resiko yang minimal. Anda bisa memilih natural treatments, seperti mengusapkan air lemon pada wajah Anda, memanfaatkan madu serta bahan-bahan alami yang lain untuk membuat masker wajah.

Baca juga: DIY MASKER LIDAH BUAYA UNTUK USIR JERAWAT

Atau Anda juga bisa menjalani prosedur beauty treatments lain yang dapat memberikan hasil yang lebih cepat, seperti laser treatments, pengaplikasian filler pada kulit, atau dengan menggunakan produk perawatan wajah yang direkomendasikan oleh dermatologist Anda. Hanya saja, untuk memperoleh perawatan-perawatan di atas, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam dibandingkan jika Anda menggunakan metode perawatan alami. Dan juga jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologist Anda, B’Timers. Karena bagaimanapun, hanya dokter kulit yang mengetahui perawatan seperti apa yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Anda sudah mendapatkan rekomendasi dari dermatologist mengenai perawatan bekas jerawat yang Anda butuhkan? Great! Tapi, ada beberapa hal lagi yang harus Anda perhatikan. Beauty treatments saja tidak cukup untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel, B’Timers. Anda juga perlu memperlakukan kulit wajah Anda dengan penuh kelembutan. Misalnya, jangan menggosok atau mencuci wajah Anda terlalu sering, apalagi jika Anda menggunakan produk dengan bulir-bulir scrub.

Baca juga: HINDARI 4 HAL INI SAAT WAJAH BERJERAWAT!

Pasalnya, dengan menggosok bekas jerawat tersebut terlalu keras dapat mengakibatkan elastisitas kulit semakin berkurang, mengakibatkan iritasi pada kulit, dan tak mustahil jika luka-luka baru terbentuk di wajah Anda. Berusaha terlalu keras untuk menghilangkan bekas jerawat memang jelek, tetapi giving up treatments altogether juga tidak baik, B’Timers. Hampir semua perawatan membutuhkan proses yang bisa jadi cukup lama. Jangan langsung putus asa ketika luka bekas jerawat Anda tidak segera menghilang. Tetaplah konsisten dengan melakukan perawatan kulit, maka lambat laun bekas jerawat Anda pun akan tersamarkan dan menghilang. Tetap semangat ya, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE