Yuk Hindari 4 Kebiasaan Penyebab Diare Ini! | Breaktime
Yuk Hindari 4 Kebiasaan Penyebab Diare Ini!
25.12.2016

B’timers, penyakit diare kerap kali dianggap remeh oleh beberapa orang. Padahal, penyakit diare ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang batasan umur maupun gender. Selain itu, penyakit diare faktanya dapat menjadi indikasi awal dari berbagai macam penyakit yang lebih serius seperti demam berdarah hingga penyakit HIV. Bila tidak diberikan penanganan yang cepat dan tepat, penyakit diare bahkan bisa menjadi semakin akut dan bukan tidak mungkin Ia dapat menyebabkan penderitanya terpapar pada resiko kematian!

Sebagai orang awam, Anda pun harus tahu bahwa diare sebenarnya dibagi ke dalam beberapa tipe. Ada tipe Diare Osmotik dengan tanda penderita akan sering buang air besar dengan konsistensi tinja yang cair. Selain itu, penderita juga menderita perut yang terasa kembung dan begah. Sedangkan tipe yang kedua adalah tipe Diare Sekretorik yang merupakan hasil efek samping dari medikasi tertentu. Sedangkan yang terakhir adalah tipe Diare Eksudatif, yakni tipe diare yang disertai dengan keluarnya cairan darah hingga nanah akibat adanya infeksi dari dalam tubuh.

Diare pun dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, lho. Yang lebih mengejutkan, ternyata penyakit diare mayoritas dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan sehari-hari Anda. Sebagian dari kebiasaan ini bahkan sudah sangat setia untuk Anda lakukan, entah itu karena disengaja maupun tidak. Jadi, apa saja kebiasaan penyebab diare yang perlu untuk Anda hindari mulai sekarang?

Pertama adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang di dalamya terkandung bahan pengawet atau pemanis buatan. Kedua bahan ini tentu saja tergolong sebagai bahan makanan yang berbahaya terutama apabila dikonsumsi secara berkala alias terus-menerus. Sebagai bahan makanan yang tergolong sebagai bahan kimia, beberapa orang dapat dengan mudah terserang diare setelah mengonsumsi keduanya. Pasalnya, organ tubuh bisa saja memberikan reaksi penolakan atau bahkan terinfeksi akibat konsumsi kedua bahan tersebut.

Yuk Hindari 4 Kebiasaan Penyebab Diare Ini! | Breaktime
stop konsumsi makanan atau minuman berpemanis buatan

Selanjutnya, kebiasaan mengonsumsi buah dengan kadar gula alami tinggi. Kadar gula alami tinggi ini sering juga dikenal sebagai kadar gula fruktosa. Gula fruktosa terkandung dalam beberapa buah-buahan seperti mangga, jambu biji, apel, hingga melon. Selain itu, buah-buahan tropis lainnya seperti pisang dan kiwi juga dipercaya mempunyai kadar fruktosa yang tinggi. Nah, bagi sebagian orang dengan daya pencernaan yang lemah, mengonsumsi buah-buahan di atas ternyata dapat menyebabkan mereka terjangkit penyakit diare.

Yang ketiga adalah konsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik. Memang, di kala sedang sakit, konsumsi obat antibiotik akan sangat berguna dalam membantu proses penyembuhan penyakit Anda. Bahkan, obat antibiotik merupakan salah satu jenis obat-obatan yang paling sering dianjurkan oleh dokter ketika Anda tengah mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteria. Namun begitu, acapkali konsumsi obat ini juga diiringi oleh efek samping seperti penyakit diare. Pasalnya, keseimbangan bakteri pada usus kemungkinan terganggu oleh konsumsi antibiotik itu sendiri.

Terakhir, kebiasaan mengonsumsi bahan makanan tertentu yang dapat menimbulkan alergi. Terkadang, konsumsi bahan makanan yang notabene dianggap amat bergizi seperti susu justru dapat merugikan bagi sebagian orang, lho. Yap, ini karena ada beberapa orang yang alergi terhadap susu dan bila mengonsumsinya, mereka justru akan terserang gejala-gejala merugikan seperti salah satunya adalah diare.

Nah, kini Anda sudah paham kan dengan aneka kebiasaan penyebab diare di atas? Sekarang, kini Anda sudah tahu kan kalau diare tak hanya ditimbulkan akibat mengonsumsi makanan pedas atau masuk angin saja? (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE