Hidup Bebas Stres dengan Tinggal di Kota Hijau! | Breaktime
Yuk, Hidup Bebas Stres dengan Tinggal di Kota Hijau!
15.02.2016

Di kota-kota besar, pemandangan sesak antara padatnya penduduk dan gedung-gedung tinggi menjulang sudah menjadi hal biasa. Bunyi kendaraan dan klakson yang sahut menyahut semakin menambah bising dan penatnya kota. Akibatnya, banyak warga yang tinggal di kota tersebut merasa stres dan sulit mendapat kebahagiaan.

Benar. Sebuah penelitian memang menemukan bahwa mereka yang tinggal di kota minim penghijauan memiliki tingkat rasa stres yang tinggi.

Bahaya stres berkepanjangan

Tahukah Anda bahwa jika stres yang dibiarkan terlalu lama tanpa dilakukan healing dan relieving akan menyebabkan bahaya kesehatan yang lain? Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa stres adalah pemicu utama datangnya penyakit-penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh.

Yang mengejutkan, stres bisa mengakibatkan penderitanya mengalami perubahan atau penurunan fungsi otak. Otot dan syaraf otak juga akan diterpa stres yang perlahan-lahan mengalami malfungsi jiak stres tidak segera disingkirkan. Penyakit berbahaya lainnya yang dipicu akibat stres adalah gangguan kesehatan mental dan penyakit jantung.

Hidup Bebas Stres dengan Tinggal di Kota Hijau! | Breaktime
Stres menyebabkan penyakit jantung

Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health menemukan bahwa seseorang yang lama tinggal di kota yang tak hijau mengalami penurunan detak jantung. Penurunan tersebut juga disertai dengan tidak stabilnya ritme detak jantung orang tersebut. Jika, jika semakin lama tidak ada tindakan, perubahan ini akan membawa akibat yang fatal.

Kota hijau sebagai pengobatan terbaik

Dalam jurnal tersebut juga menyertakan tentang kemungkinan penderita stres dapat sembuh dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya adalah dengan tinggal di kota hijau. Lokasi pemukiman dengan ruang terbuka dan penghijauan yang cukup juga membantu Anda sedikit-demi sedikit mengusir stres.

Hidup Bebas Stres dengan Tinggal di Kota Hijau! | Breaktime
Kesegarannya menyehatkan tubuh

Hal ini diperkuat dengan penelitian lainnya yang menemukan bahwa seorang penderita penyakit jantung perlahan-lahan membaik setelah hidup di kota hijau. Detak jantung yang tidak stabil dan lambat karena stres mulai mencapai ritme normal. Orang tersebut juga mengaku mulai bisa menikmati hidup yang lebih bahagia karena terjauh dari kebisingan.

Nah, sekarang Anda tahu bukan kenapa tinggal di kota hijau sangat baik untuk kesehatan. Warna hijau alami dari alam yang segar memang jadi penyembuh paling ampuh untuk segala macam penyakit terutama yang disebabkan oleh stres. Jadi, beruntungnya B’timers yang sudah tinggal di kota hijau! (nap)

Share This Article