Yuk, Ciptakan Sendiri Udara Segar di Rumah! | Breaktime
Yuk, Ciptakan Sendiri Udara Segar di Rumah!
30.11.2015

Tahukah B’timers? Udara di rumah juga sangat bepengaruh terhadap kesehatan, lho. Ya, kebersihan udara rumah bisa memberikan efek bagi kesehatan Anda dan keluarga. Semakin bersih udara di rumah, semakin sehat seluruh anggota keluarga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tiga polusi udara di dalam ruangan yang paling mematikan:

  1. Karbon monoksida: Merenggut 400 nyawa dan membuat ribuan orang sakit setiap tahunnya.
  2. Perokok pasif: 7.500-15.000 anak harus dirawat di rumah sakit atau mengalami gangguan pernapasan, sementara pada orang dewasa banyak terjadi kasus sakit paru-paru dan meningginya resiko kesehatan.
  3. Gas beracun: Tak bersuara, tak berbau. Gas jenis ini lebih sering muncul di rumah-rumah di wilayah Amerika Serikat, merupakan penyebab utama kanker paru-paru setelah asap rokok.

Cara menjaga udara di dalam rumah agar terhindar dari polusi:

Hindari merokok di dalam rumah


Rokok sangat membahayakan, jadi sebisa mungkin buat aturan bagi siapapun untuk tidak merokok di dalam rumah. Mintalah orang yang ingin merokok untuk melakukannya di luar.

Tidak memanasi mobil di garasi dan membiarkannya


Gas atau bahan bakar apa saja yang terbakar di dalam ruangan bisa menyebabkan polusi udara yang sangat berbahaya dan bahkan karbon monoksida yang mematikan. Uap dari mobil atau mesin pemotong rumput yang dibiarkan menyala di dalam garasi yang tertutup bisa membahayakan kesehatan. Selain itu gunakan kompor gas dan pemanas yang punya lubang angin langsung di luar ruangan saja.

Gunakan cat rendah VOC


Cat tembok melepaskan sejumlah besar gas berbulan-bulan setelah pengecatan, meskipun cat telah kering dan baunya hilang. Gas ini dinamakan VOC atau volatile organic compound, mengandung senyawakmia beracun seperti formaldehida dan asetaldehida. Gunakan cat dan bahan apapun yang rendah VOC, buka jendela dan pakai kipas angin untuk menghilangkan gas saat Anda mengecat.

Yuk, Ciptakan Sendiri Udara Segar di Rumah! | Breaktime
Menjaga kebersihan udara di rumah sangatlah penting untuk menjaga kesehatan

Benahi genteng yang bocor


Hujan dan panas bisa membuat atap rumah bocor. Udara tembok yang jadi lembab karena ini bisa meningkatkan resiko bersin-bersin, batuk dan asma. Periksa seluruh fondasi rumah dan segera benahi semua bagian yang bocor.

Bersihkan AC (air conditioner)


Segera bersihkan AC yang sudah bocor dan menetes untuk menghindari resiko gangguan pernapasan yang bisa terjadi, seperti asma. Sebab, jika tidak dibersihkan bisa memicu munculnya tungau debu dan jamur.

Memasang sistem ventilasi yang baik


Ventilasi yang baik adalah cara paling ampuh untuk menjaga kebersihan udara di dalam rumah Anda. Udara yang terlalu lembab bisa menyebabkan munculnya debu dan jamur yang bisa memicu bersin, batuk dan asma. Kegiatan rumah seperti memasak dan mencuci juga membutuhkan sistem ventilasi yang baik.

Mengurangi penggunaan karpet


Karpet bisa membuat debu lebih mudah menempel dan tertinggal di sana. Ini bisa memicu munculnya jamur, debu dan kotoran yang menyebabkan gangguan kesehatan dan pernapasan. Gunakan vacuum cleaner secara rutin untuk membersihkan karpet dan jika memungkinkan kurangi penggunaan karpet di rumah.

Itulah tips-tips untuk menjaga udara di rumah agar tetap sehat dan segar, B’timers. (md)

Share This Article